Cara Uninstall Windows Update di Windows 7 & 8

5/5 (3)

Meski pembaharuan dan update Windows secara berkala bisa meningkatkan performa laptop Anda, ada kalanya penyematan sistem operasi terbaru ini malah membawa masalah.

Karenanya, beberapa orang mencari cara uninstall Windows Update di Windows 7 dan Windows 8 disebabkan berbagai alasan.

cara uninstall windows update di windows 7 dan 8
Uninstall Windows Update

Mengapa demikian?

Sebagian beralasan sistem operasi yang tak responsif lagi lantaran update yang tak kompatibel dengan daya laptop/ PC. Sebagian yang lain karena semakin berkurangnya ruang penyimpanan.


Sebenarnya Anda tak bisa melakukan uninstall Windows Update secara total (100 persen), baik di PC maupun laptop Anda.

Namun Anda bisa melakukan beberapa langkah alternatif untuk mengatasi permasalahan sistem operasi Anda yakni dengan menghapus dan uninstall beberapa hasil Windows Update melalui Control Panel.

Meski begitu, jika ditelaah lebih jauh, data Windows yang diuninstall tadi akan masih tertinggal beberapa bagian, walaupun kita telah berusaha menghapusnya secara total.

Tapi tidak apapa. Lebih baik iya daripada tidak sama sekali, kan?

Baca juga :

Cara Uninstall Windows Update di Windows 7  dan Windows 8

Lalu, bagaimana alternatif dari cara uninstall Windows Update di Windows 7 dan Windows 8 ini?

  • Pertama kali yang harus Anda lakukan ununtuk melakukan uninstall windows update adalah dengan menghentikan service Windows Update dan BITS.
  • Anda bisa langsung klik pada menu Start dan langsung ketikkan services.msc dalam search.

cara uninstall windows update

  • Beberapa opsi pilihan akan muncul di halaman Anda. Cari dan klik kanan pada pilihan Windows Update. Pilih Ulangi langkah tersebut pada opsi Service Intelligent Transfer Service (BITS). Langkah ini akan cukup efektif untuk menghentikan Windows Update Service dan BITS sebelum menghapusnya.

cara uninstall windows update

  • Langkah selanjutnya, kembalilah ke menu Control Panel. Lihat baik-baik small icon yang muncul, temukan dan pilih Windows Update.

cara uninstall windows update windows 7

  • Klik Installed Update pada menu yang terdapat di kolom sebelah kanan Windows Update. Anda akan mendapati daftar log update windows 7 atau 8 yang pernah terjadi pada perangkat Anda.
  • Klik dua kali pada Windows Update yang ingin Anda uninstall. Anda bisa melakukannya dengan sekali klik pada opsi Uninstall yang terdapat di menu bagian atas.

cara uninstall windows update windows 8

  • Jika nantinya muncul notifikasi UAC (User Account Control) windows, langsung klik Yes.
  • Biasanya setelah melakukan proses di atas, perangkat akan meminta Anda untuk melakukan proses restart.
  • Setelah perangkat menyala kembali, Anda bisa mengecek proses uninstall yang Anda lakukan tadi dengan melihatnya melalui menu Control Panel, klik pilihan Windows Update dan cek pada bagian View Update History.
  • Anda akan menemukan daftar kosong seperti nampak di bawah ini.

cara uninstall windows update

Meski langkah ini cukup efektif untuk menghapus Windows Update pada Windows 7 dan 8 Anda, akan tetapi hilangnya data tersebut tidaklah menjamin seluruh update yang pernah terjadi di sistem operasi turut hilang.


Untuk melakukan pembaharuan sistem operasi teranyar lagi Anda perlu mengupdate sistem operasi Windows kembali.

Baca juga :

Anda bisa melakukannya dengan menekan tombol Check for Updates dan tunggu beberapa saat untuk mengetahui update terbaru yang ada.

cara uninstall windows update windows 8

Singkatnya, Anda tidak dapat benar-benar menghapus semua Update Windows secara total dari perangkat komputer ataupun laptop Anda.

Beda kasus jika Anda memiliki restore point yang telah lama tersimpan dalam sistem di komputer/ laptop Anda. Berhasil tidaknya, Anda bisa melihatnya 10 hari kemudian.

Demikian uraian singkat mengenai cara uninstall Windows Update di Windows 7 dan Windows 8 ini. Walau tak bisa menghilangkan windows update secara total, namun langkah di atas mampu memberikan hasil yang bermanfaat.

Pertama, Anda akan memiliki lebih banyak ruang kosong di SSD ataupun hard disk.


Kedua, Anda hanya perlu menghapus folder DataStore (C:\Windows\SoftwareDistribution\DataStore)
jika Update Windows tidak menampilkan pembaruan terbaru sementara Anda membutuhkannya.


Semoga bermanfaat ya.

Berikan rating konten :

Leave a Comment