Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Permanen

4.95/5 (19)

Inilah Cara Mudah Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Selamanya – Bila beberapa waktu yang lalu kami telah membagikan template + tutorial membuat postingan instagram seperti pesan WhatsApp, kali ini kami akan membagikan cara mudah menonaktifkan akun instagram sementara maupun permanen.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram
Img via : Pexels.com

Sebelum menginjak ke bahasan utama postingan kali ini, ada beberapa fakta-fakta tentang instagram dan aktivitas penggunanya yang menurut saya menarik dan worthed untuk diketahui. Karena hal ini terkait dengan strategi bisnis juga. Hehehe.

Fakta-fakta menarik tentang Instagram

1. Jumlah netizen pengguna IG di Indonesia adalah yang terbanyak dibandingkan negara lain se-Asia Pasifik

Menurut data didapatkan CNBC yang bisa Anda baca di sini, pengguna instagram yang berasal dari Indonesia merupakan yang terbesar diantara negara-negara lain se Asia Pasifik. Ternyata orang-orang Indonesia gemar sekali menggunakan media sosial yang kaya dengan visual ini ya sobat.


2. Ada sekitar 50% perusahaan atau pebisnis pengguna Instagram tidak memiliki website

Ternyata tidak semua pengusaha yang memanfaatkan instagram sebagai tools bisnis memiliki website, lhoh. Mereka hanya memaksimalkan instagram sebagai sarana menampilkan portofolio mereka.

3. Profil instagram suatu brand menjadi pertimbangan decision-making customer!

Masih dari CNBC, ditemukan fakta bahwa 76% pengguna Instagram membeli dari sebuah brand setelah mengamati dan mempelajari suatu brand melalui Instagramnya.

Hmm. Ternyata profil instagram sangat mempengaruhi image suatu brand di mata customer. Untuk Anda yang juga memanfaatkan IG sebagai sarana marketing bisnis, saran kami, segera rapikan dan perindahlah akun instagram bisnis Anda.

Calon customer sangat memperhatikan setiap postingan yang Anda upload!

Baca juga : Background PPT HD Super Keren


Menonaktifkan akun instagram

Baik, back to topic. Ada kalanya kita ingin menonaktifkan akun ig yang kita punya. Entah karena bosan, ingin menghilang sementara, atau alasan yang lainnya. Masalahnya adalah, kita tidak akan menemukan menu atau pilihan untuk menonaktifkan akun pada aplikasi instagram di hp android ataupun iphone kita.

Pertanyaan selanjutnya yang sering juga muncul adalah sebagai berikut :

Bagaimana nasib postingan-postingan kita?

Postingan baik berupa foto, video, arsip, maupun highlights story di akun Anda akan tetap tersimpan di sistem instagram selama Anda menonaktifkan akun sementara. Jadi, semua akan kembali muncul setelah Anda mengaktifkan kembali akun ig di kemudian hari.

Jangankan hal-hal tersebut, komentar, jumlah following, dan likes yang Anda lakukan dan terima pun takkan berubah.

Apakah bisa menonaktifkan akun ig lewat hp?

Bisa. Jelas bisa. Tutorial tentang inilah yang akan kami bahas di postingan kali ini 🙂


Lalu, bagaimana cara menonaktifkan akun ig kita lewat HP? Yang pertama, saya akan menjelaskan cara untuk menonaktifkan akun ig sementara lewat HP ya.

#1 – Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara dengan HP

1. Buka browser HP Anda. Ketikkan pada address bar : www.instagram.com. Silakan login terlebih dahulu.

2. Masuk ke halaman profil Anda dengan menekan gambar Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Permanen 1  pada bagian pojok kanan bawah halaman ig.

3. Klik Edit Profile di bawah username IG Anda.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram
Step-by-step menonaktifkan akun instagram

4. Scroll hingga ke bagian paling bawah. Klik Temporarily disable my account.

5. Pilih alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun instagram Anda sementara di bagian Why are you disabling your Account? Isi bebas.

6. Masukkan password instagram Anda di bagian bawahnya.

7. Geser kebawah, klik Temporarily Disable Account.


8. Beres. Akun Anda telah nonaktif sementara.

NOTE :

Untuk pengguna dekstop PC atau laptop, Anda bisa juga melakukan hal yang sama melaui browser yang terinstall di PC ataupun laptop Anda. Lakukan hal serupa seperti yang saja jelakan di atas. Menu untuk menonaktifkan akun IG (baik sementara maupun permanen) tetap ada saat Anda mengakses instagram melalui browser PC.

Lihat juga : Cara Mencari dengan Gambar di Google

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram

Untuk mengaktifkan kembali akun IG yang telah kita nonaktifkan sementara, caranya adalah dengan Anda login kembali melalu browser.

Biasanya, bila Anda sudah login kembali terhitung kurang dari seminggu pasca Anda menonaktifkan akun sementara, maka akun Anda tidak secara langsung Aktif. Akun Anda akan aktif kembali setelah kurang lebih sepekan setelah Anda menonaktifkan akun.


#2 – Cara Menonaktifkan Akun Instagram Permanen lewat HP

Sebelum Anda benar-benar menghapus akun Anda secara permanen, ada baiknya Anda tahu konsekuensi dari apa yang akan Anda lakukan ini ya.

Konsekuensi menghapus akun instagram permanen


  • Ketika Anda memutuskan untuk menghapus atau menonaktifkan akun ig Anda, artinya Anda setuju semua info profil, foto, video, komentar, likes, dan follower yang Anda punya dihapus dari sistem instagram. Iya, semuanya.
  • Selain itu, Anda tidak akan bisa menggunakan username yang sama dengan akun yang Anda hapus ini lagi, meskipun menggunakan akun yang baru. Username akun yang Anda hapus benar-benar tidak akan bisa digunakan lagi oleh siapapun.
  • Yang terakhir, Anda harus mengerti bahwa Instagram tak akan pernah bisa membantu Anda untuk mengaktifkan kembali akun yang telah Anda hapus ini. Kecuali, Anda punya kenalan orang dalem instagram 😀

Apakah proses penghapusan akun IG ini bisa dilakukan dengan HP? Bisa. Namun lagi-lagi tidak dengan aplikasi instagram yang ada di HP Anda. Proses menonaktifkan akun ini hanya bisa dilakukan via browser. Caranya sedikit berbeda dengan yang sebelumnya.

Langsung saja, ya.

1. Pastikan Anda sudah login di akun instagram Anda melalui browser HP.

2. Jika belum, caranya adalah dengan masuk ke www.instagram.com. Login dengan username/email dan password Anda.

3. Sudah? Selanjutnya Anda harus masuk ke halaman delete account instagram. Klik link ini : https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

Cara Menonaktifkan Akun IG Permanen
Menonaktifkan Akun IG Permanen

4. Pilih alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun ig permanen pada bagian Why are you deleting your account?

5. Masukkan password akun Anda untuk yang terakhir kalinya 😀

6. Klik Permanently delete my account

7. Voila! Akun IG Anda telah nonaktif dan akan tetap nonaktif selamanya.

Akhir kata,

Sebagaimana medsos lain, sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan, alih-alih menggunakan IG untuk scroll-scroll un-faedah semata.

Ada ribuan bahkan jutaan akun instagram menarik di luar sana yang bisa Anda dapatkan manfaat darinya.

Ya, lagi-lagi kembali ke diri kita masing-masing. Bijaklah dalam menggunakan media sosial 🙂


Semoga postingan tentang cara menghapus akun instagram ini bermanfaat.

Berikan rating konten :

Leave a Comment