Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

4.88/5 (8)

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala (Ampuh & Lengkap) – Laptop tidak mau menyala memang menjadi masalah besar! Terlebih ketika semua data ada didalam laptop dan kita tidak punya salinannya di flashdisk, tentunya laptop yang menyala sangat diharapkan.

cara mengatasi laptop tidak mau menyala
Img via : Pexels.com

Lantas, jika kita benar – benar dihadapkan pada masalah laptop yang tidak mau menyala, bagaimana cara mengatasi laptop tidak mau menyala tersebut?

Baca juga : Tips agar baterai laptop tahan lama

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda! Simak informasi selengkapnya di bawah ini.


#1 -Cek baterai laptop Anda kemudian pasang kembali

Penyebab laptop mati total alias tidak mau menyala yang pertama bisa karena baterainya. Karena itu Anda perlu cek dulu baterai laptop Anda. Cabut dan pasang kembali. Beberapa laptop, laptop apapun itu kalau umurnya sudah diatas 5 tahun akan sering mengalami hal semacam ini.

Usia rata-rata laptop adalah 5 tahun, bila digunakan secara normal.


#2 – Coba nyalakan laptop dengan atau tanpa baterai

Cara kedua untuk mengatasi laptop tidak mau menyala adalah dengan menyalakan laptop dengan di-charge dalam kondisi terhubung dan tidak terhubung baterai. Cara ini bisa menjadi solusi jika baterai Anda ternyata benar – benar sudah tak dapat dipakai.

Ketika baterai laptop rusak, laptop biasanya masih bisa menyala namun akan mati sendiri dalam jangka waktu tertentu. Kecuali jika baterai Anda sudah mengalami kerusakan 100 persen.

Karena itu, untuk mengetes apakah memang terjadi kerusakan atau tidak pada baterai, nyalakan laptop dengan memasangkan charger. Coba juga, lepas baterai dan gunakan charger saja untuk memenuhi kebutuhan daya laptop Anda.


#3 – Gunakan adaptop charger dan stop kontak yang lain

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala 1
Img via : Amazon.com

Ada kalanya kerusakan ternyata terjadi pada charger (adaptop) laptop Anda, bukan pada laptopnya. Untuk mengeceknya, coba gunakan charger laptop lain yang memiliki tipe konektor charger yang sama dengan laptop Anda.

Kemungkinan selanjutnya, bisa jadi stop kontak yang Anda gunakan bermasalah. Cobalah menancapkan adaptor charger laptop di strop kontak yang lain.


#4 – Bersihkan memori atau RAM laptop Anda

Kalau laptop Anda menyala (terlihat ada proses booting) namun tidak ada gambar apa – apa di layar laptop, sehingga terkesan seperti laptop tidak mau menyala, ada kemungkinan penyebabnya adalah RAM laptop Anda.

Biasanya, hal tersebut terjadi dikarenakan RAM laptop Anda kotor. Kemungkinan selanjutnya, RAM Anda memang sudah rusak. Cara yang Anda bisa lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan membongkar kemudian membersihkan memori / RAM tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Jika Anda hanya ingin membersihkannya saja, solusi untuk mengatasi laptop tidak mau menyala karena hal tersebut cukup dengan membersihkan debunya yang menempel dengan tisu.

Selanjutnya, Anda bisa bersihkan bagian kuningan dari RAM menggunakan penghapus sampai RAM tersebut benar – benar dalam kondisi yang sangat bersih. Konektor RAM yang kotor juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Coba bersihkan dengan meniup konektor RAM laptop Anda.

Baca juga : Distro terbaik Linux tahun 2019



#5 – Copot semua USB device, card reader, kaset dvd, dll, yang masih menempel di laptop

Masalah laptop tidak mau menyala yang tak jarang terjadi adalah dikarenakan masih ada USB drive, kaset di dalam DVD slot, ataupun card reader yang menempel di laptop.

Kemudian, BIOS memperioritaskan booting pada device-device tersebut, bukan pada internal storage (HDD) Anda.

Solusinya, copot semua USB drive dan card reader yang menempel pada laptop.


#6 – Lakukan booting pada Safe Mode

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala 2
Img via : Howtogeek.com

Bila laptop Anda masih bisa menyala sejenak di awal kemudian baru mati, cobalah tekan F8 sesaat setelah laptop Anda menyala di awal tersebut. Pilih boot pada Safe Mode.

Saat Anda masuk ke Safe Mode, Anda bisa melakukan berbagai tindakan untuk mengatasi mengapa laptop tiba-tiba tidak bisa menyala.

Apa saja yang bias dilakukan di Safe Mode?

  • Uninstall program terakhir yang Anda pasang di laptop sebelum error
  • Hapus file yang Anda curigai mengakibatkan error pada laptop Anda
  • Uninstall update-an terbaru dari driver yang baru saja Anda install
  • Atau, buat akun Windows baru bila akun Anda ternyata corrupted.

#7 – Ganti mainboard laptop Anda

Mengatasi laptop Dell tidak mau menyala, laptop Acer, Asus, laptop HP, atau yang lainnya juga bisa dilakukan dengan penggantian mainboard. Ini adalah masalah yang menurut saya cukup serius pada laptop Anda.

Satu hal yang Anda perlu perhatikan, bahwa mengganti mainboard atau motherboard laptop pada dasarnya kurang lebih sama dengan membeli ulang laptop.


Mengapa?

Kami berkata demikian karena perangkat laptop yang tersolder dan tersambung pada mainboard sebagian sangat sulit untuk diganti secara manual. Mencari prosesor atau perangkat lain yang sesuai dengan jenis mainboard laptop yang kita miliki juga tidak kalah sulitnya.

Pada dasarnya tetap bisa, namun Anda memerlukan dana dan effort yang lebih untuk menemukan mainboard jenis laptop Anda dan membayar biaya service-nya.

Solusinya, bawa laptop Anda ke tempat servis terpercaya di kota Anda.

Bila ingin agak berhemat, coba cari di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, dll, barang kali Ada yang sedang menjual mainboard tipe laptop Anda. Kemudian bawa ke tempat servis komputer terpercaya untuk memasangkan pada laptop Anda.


#8 – Mengganti HDD laptop

Harddisk (HDD) juga bisa rusak sebagian atau bahkan rusak total. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus mengganti harddisk secara menyeluruh karena Anda tak mungkin mengganti bagian tertentu saja dari harddisk yang Anda punya 😀

Karenanya Anda harus benar – benar memastikan jika yang menjadi kerusakan laptop Anda karena harddisk yang bermasalah sebelum Anda melakukan penggantian atas bagian harddisk tersebut. Segera bawa ke service center terdekat ya..


Itulah berbagai cara ampuh mengatasi laptop tidak mau menyala yang bisa kami bagikan.


Saran kami, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Anda bisa bawa segera laptop Anda ke service center resmi laptop Anda. Minimal, bawalah ke tempat servis terpercaya langganan Anda. Tentunya mereka lebih berpengalaman dan bisa memberikan solusi jitu atas permasalahan laptop yang sedang Anda alami.


Semoga bermanfaat ya.

Berikan rating konten :

Leave a Comment