Cara Mengatasi Google Play Store Error

4.95/5 (22)

Cara mengatasi Google Play Store Error yang sering terjadi – Sebagain pengguna smartphone android tentunya pernah mengalami permasalahan pada aplikasi google play store seperti misalnya tidak bisa mengunduh aplikasi atau bahkan google play store tidak bisa dijalankan.

Apabila masalah seperti ini terjadi pada kita tentunya akan cukup merepotkan, karena kita akan kesulitan mencari aplikasi-aplikasi yang lebih terpercaya selain di Google Play Store.

Mengatasi Google Play Store Error dengan Mudah
Img via : Pexels.com

Namun apakah anda tau bahwa sebenarnya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, anda bisa dengan mudah mengatasi google play store yang sering error? Ya, di bawah ini akan kami bagikan cara mengatasi google play store error dengan efektif.

Sebelumnya, perlu Anda tahu, ada beberapa error yang sering muncul di Google Play Store diantaranya :


Pesan Error di Google Play Store yang Sering Muncul

  • Google Play Store Error Code 492
  • Google Play Store Error Code 194
  • Google Play Store Error Code 495
  • Google Play Store Error Code 941
  • Google Play Store Error Code rh01
  • Google Play Store Error Code rpc:s-5:aec-0
  • Google Play Store Error Code rpc:aec:0]
  • Google Play Store Error Code 504
  • Google Play Store Error Code 491
  • Google Play Store Error Code 498
  • Google Play Store Error Code 919
  • Google Play Store Error Code 413
  • Google Play Store Error Code 921
  • Google Play Store Error Package File Invalid
  • Google Play Store Error Code 403
  • Google Play Store Error Code 923
  • Google Play Store Error Code 492
  • Google Play Store Error Code 927
  • Google Play Store Error Code 961
  • Google Play Store Error Code 911
  • Google Play Store Error Code 920

Cara Mengatasi Google Play Store Error Lengkap dan Mudah

Anda menemui masalah yang serupa di atas pada Google Play Store di HP Anda? Lakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya.

#1. Menonaktifkan Update Google Playstore

Salah satu cara untuk mengatasi google play store error  adalah dengan menghapus update google play store.

Mengapa harus menghapus dan menonaktifkan update play store? Karena, satu dari penyebab google play store di smartphone sering error adalah hal ini. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, versi update terbaru dari google play store terkadang juga bisa memunculkan bug di hp Anda.

Terlebih, jika Anda masih menggunakan Androdi versi lama, yang usianya lebih dari 3 tahun.

Namun, yang sering terjadi adalah adanya file yang error atau corrupted saat HP Anda hendak menginstall versi terbaru dari Play Store. Sehingga berdampak pada errornya aplikasi Play Store Anda secara keseluruhan.

Baiklah, bila Anda terlanjur mengaktifkan fitur auto update google playstore, ikutilah langkah dibawah ini untuk menghapus dan meng-uninstall update-an terbaru dari playstore di hp Anda.

Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings / Pengaturan hp Anda > Apps > Google Play Store, Lalu tekan tombol “Unistall Update“. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan versi google play store di smartphone Anda ke versi awalnya.

#2. Hapus Cache yang Ada di Google Play Store

Kerusakan dan error pada google play store di smartphone anda biasanya disebabkan terlalu banyaknya file sampah atau cache. Apabila anda mengalami masalah seperti ini, Anda bisa mengatasinya dengan menghapus cache pada play store Anda.

Caranya mudah, yaitu dengan masuk di menu Settings / Pengaturan > Apps > AllGoogle Play Store. Setelah itu ketuklah tombol yang bertuliskan “bersihkan cache / clear cache“.

Lakukan hal yang demikian (hapus cache) pada Google Services Framework.

Mudah sekali bukan bukan?

Cara mengatasi google play store sering error
Menghapus cache dan data Play Store

#3. Bersihkan Semua Data Google Play Store

Selain kedua cara tadi, anda pun bisa mengatasi permasalahan pada google play store dengan cara membersihkan semua data di aplikasi ini. Caranya mirip dengan cara menghapus cache di atas.


Hapuslah data play store dengan masuk ke menu Pengaturan / Settings > Apps > All > Google Play Store. Pencet tombol “bersihkan app data / Clear data“.

Lakukan hal yang serupa (hapus data aplikasi) pada Google Services Framework ya.

3 cara di atas adalah yang biasanya paling ampuh untuk mengatasi berbagai macam error pada play store. Bila cara-cara di atas belum berhasil mengatasi masalah di HP Anda, coba lakukan alternatif cara di bawah ini.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara dan Permanen

#4. Sign-in Ulang Akun Google di HP

Dalam beberapa kasus, masalah yang terjadi pada Google Play Store dapat diatasi dengan melakukan sign-in ulang akun google/gmail di HP Anda. Coba logout atau hapus terlebih dahulu akun gmail Anda dari HP. Kemudian sign in kembali.

Bila masih error, coba tambahkan akun gmail baru di HP Anda.

#5. Install Versi Terbaru dari Google Play Store

Mengatasi Google Play Store Error
Img via : Flickr.com

Di poin pertama tadi saya sarankan untuk menghapus update-an dari Play Store. Maka, setelah Anda menghapus update-an tersebut dan mendapati masih terjadi error pada Play Store, lakukan update dan instalasi versi terbaru dari Play Store.

Pastikan tidak terjadi error koneksi internet saat Anda mengupdate Play Store, ya. Kembali lagi saya tekankan, kadangkala, error yang terjadi pada playstore disebabkan oleh adanya file yang tidak terdownload tuntas.


Cara untuk melakukan update google play store :

  • Buka Play Store
  • Klik icon garis tiga di sebelah kiri atas halaman Play Store.
  • Pilih Settings
  • Geser ke bawah, Klik Play Store Version
  • Jika play store yang terinstall di HP Anda adalah versi terbaru maka akan ada keterangan “Google Play Store is up to date”.

Ohya, install update terbaru juga untuk Google Play Services di HP Anda ya.

Baca juga : Background PPT HD Keren Gratis

#6. Periksa Koneksi Internet serta Waktu dan Tanggal HP Anda

Cara mengatasi google play store error yang terakhir versi kami adalah dengan memeriksa kembali data koneksi serta settingan waktu dan tanggal di HP Anda.

Mengenai koneksi internet, menurut kami untuk mengakses Google Play Store dibutuhkan koneksi internet yang cukup stabil. Bila Anda perhatikan, tampilan halaman Play Store kaya visual (gambar dan video). Maka, diperlukan koneksi internet yang stabil untuk menjelajahinya.

Selanjutnya, pastikan waktu dan tanggal pada HP Anda sesuai dengan yang sebenarnya. Format pendeteksian waktu dan tanggal di HP Anda dapat diatur secara manual maupun otomatis. Yang jelas, pastikan waktu dan tanggal smartphone Anda benar ya.

Enam tips di atas dapat Anda coba untuk mengatasi masalah pada Google Play Store di HP Anda.

Masih mengalami error setelah melakukan keenam cara di atas? Beri tahu kami lewat kolom komentar di bawah ini, ya.



Semoga bermanfaat.

Berikan rating konten :

Leave a Comment