Cara Efektif Mengatasi Anak Suka Mencontek

4.75/5 (4)

Cara Mengatasi Anak yang Suka Mencontek – Siapa yang tidak setuju bahwa mencontek adalah perilaku yang buruk? Awalnya, kebiasaan anak suka mencontek biasanya didapatkan dari lingkungan di sekitarnya. Bila di sekolah ia terbiasa mencontek, patut diperhatikan siapa yang menjadi teman-teman dekatnya di kelas.

mengatasi anak suka mencontek
Gambar : Pexels.com

Bukan maksud kami untuk membuat anak Anda jauh dari teman-temannya. Bila pengaruh negatif dari temannya tersebut sampai pada anak Anda, artinya Anda memiliki tugas ekstra untuk mengembalikan buah hati Anda pada jalan yang semestinya.

Mencontek bisa dikatakan merupakan proses mencuri data atau informasi dengan cara yang kurang terpuji. Mencontek merupakan contoh nyata praktik ketidakjujuran. Membiarkan anak mencontek sama halnya dengan membiasakan anak Anda tidak jujur dan malas berusaha.

Apabila perilaku atau pun perbuatan mencontek pada anak-anak ini muncul dengan frekuensi yang sering dan terjadi secara terus menerus, maka kita sebagai orang tua orangtua wajib memberi perhatian yang lebih pada anak kita. Kebiasaan dan perilaku mencontek pada anak tersebut tak boleh menjadi kebiasaan yang menetap pada anak kita tercinta.


Baca juga : Cara Efektif Agar Anak Suka Makan Sayur

Orangtua atau pun pendidik (guru) tentu sangat tak menginginkan anaknya jadi anak yang tumbuh tanpa adanya kepercayaan diri. Selain krisis percaya diri, anak yang gemar mencontek cenderung membuat ia menjadi malas serta mengalami keterlambatan di dalam belajar, daya nalar serta kekuatan mengingatnya pun cenderung rendah. Dan yang jelas, perbuatan yang demikian ini nantinya akan sangat merugikan bagi anak sendiri serta orang lain.

Untuk itulah, pendidik dan orangtua harus menolong anak yang terbiasa mencontek.

Cara mengatasi anak suka mencontek dengan efektif.

Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk menghilangkan kebiasaan mencontek ini pada Anak?Berikut ini ada beberapa cara mudah dan efektif mengatasi kebiasaan mencontek pada anak yang bisa Anda praktikkan.

  1. Tidak ada yang lebih penting dan utama dari berdo’a. Mintalah kepada Tuhan agar melembutkan hati anak kita, sehingga apa yang kita sampaikan diterima dengan baik & anak mau berubah .
  2. Sebagai orangtua atau pun pendidik, Anda harus tetap bisa bersikap tenang apabila anak atau peserta didik mengakui perbuatan curang maupun mencontek yang telah dilakukan . Jangan grusa-grusu dauhulu. Jangan tetiba marah besar kepada anak di depan.
  3. Sebagai suatu bentuk dari kepedulian orangtua, coba tanyakan kepadanya kenapa ia mencontek. Jawaban anak Anda nantinya bisa dijadikan landasan Anda menyikapi dan juga bertindak. Selalu perhatikan perkembangan pola belajar anak, sebagai suatu usaha pencegahan.
  4. Tolonglah anak Anda untuk bisa temukan jalan keluar dari permasalahannya. Beri motivasi apabila anak Anda merasa tak siap untuk hadapi tes atau pun merasa takut gagal. Katakan bahwa Anda percaya ia pasti bisa melakukannya dengan baik.
  5. Berikan bantuan dan juga bimbingan pada anak Anda saat belajar di rumah sebagai suatu sarana komunikasi pemberian nasihat yang bijak.
  6. Berikan penjelasan yang rasional dan baik kepada anak tentang dampak buruk dari tindakan mencontek. Apa dampaknya, dosanya, konsekuensinya. Dan sebagainya.
  7. Katakan pada anak Anda bahwasannya ‘hasil buruk’ yang didapat dari proses yang baik dan benar (mengerjakan dengan jujur) jauh lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan ‘hasil baik’ yang didapatkan dari hasil yang tidak benar, seperti mencontek.
  8. Apabila menurut Anda kemampuan anak di bawah standar, maka carilah bimbingan belajar. Bimbingan belajar di sini sangat luas maknanya, tidak harus dengan ikut lembaga bimbingan belajar. Carikan anak Anda teman belajar yang pas menurut kami juga cukup, kok.
  9. Jangan menghakimi hasil yang didapatkan oleh anak Anda tanpa mencontek, seburuk apapun hasilnya. Selalu evaluasi proses belajar yang ia lakukan. Awasi dengan penuh perhatian dan kasih sayang.
  10. Orangtua atau pun pendidik ada baiknya selalu memperhatikan dan memberikan contoh perbuatan baik. Berikan teladan yang baik bagi anak Anda. Selalu apresiasi hasil pekerjaannya. Berikan ia kepercayaan diri.

Baca juga : Hero Terkuat Mobile Legends di Tahun 2019

Akhir kata, bagaimanapun, hasil yang didapatkan dari mencontek sama sekali tidak bagus. Tidak ada gunanya. Penanaman pendidikan karakter pada anak jauh lebih penting dan berharga dibandingkan dengan nilai yang didapatkannya di sekolah.

Kami tidak mengatakan nilai di sekolah tidak ada gunanya. Hanya, kejujuran itu lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan apa yang tertulis di dalam rapor atau ijazah anak 🙂

Demikian kiat mengatasi anak yang memiliki kebiasaan mencontek yang bisa kami bagikan.

Semoga bermanfaat.


Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment