Cara Efektif Mengajarkan Anak Menggosok Gigi

5/5 (2)

Cara Efektif Membiasakan Anak Menggosok Gigi – Bunda, apakah Anda merasa si kecil susah sekali untuk disuruh menggosok giginya? Tenang Bunda, ternyata banyak orang tua di luar sana yang merasakan demikian.

mengajarkan anak menggosok gigi
Sumber : Pexels.com

Sama halnya dengan gigi orang dewasa, gigi anak Anda juga harus dirawat dan dibersihkan secara teratur, supaya tetap sehat dan terhindar dari gigi berlubang serta juga keropos di kemudian harinya. Rasa sakit yang umumnya ditimbulkan oleh gigi yang berlubang bisa menjadikan si kecil malas untuk makan dan juga beraktivitas.

Baca juga : Cara Mengajarkan Anak agar Gemar Membaca

Gigi yang tak terawat dengan baik pada akhirnya bisa mempengaruhi asupan gizinya. Apabila gigi si kecil habis dikarenakan keropos, tentu si kecil pun akan kesulitan sekali untuk mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras. Selain itu, kesehatan gigi menurut para ahli juga bisa mempengaruhi perkembangan anak secara umum, lho.


Oleh karena pentingnya menjaga kesehatan gigi tersebut, yuk, ajari si kecil untuk lebih rajin lagi dalam menggosok giginya.

Mengajarkan anak untuk menggosok gigi

Sangat disarankan sekali untuk baru memulai mengajarkan si kecil menggosok giginya setelah gigi susunya mulai tumbuh.

Posisi terbaik untuk sikat gigi bagi anak adalah dengan memangku mereka serta meletakkan kepalanya di dada Anda. Apabila si kecil sudah cukup besar, maka Anda bisa mencoba di posisi berlutut dibagian belakang si kecil sembari meminta ia menengadahkan kepalanya.

Ada kalanya si kecil menolak giginya untuk disikat, terutama bila tidak dibiasakan sejak dini. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mudah yang bisa bagi Anda coba agar si kecil rajin dan mau menggosok gigi :

#1. Ajak anak saat membeli peralatan menggosok gigi

Langkah yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melibatkan si kecil pada saat membeli peralatan gosok gigi. Berikan kebebasan pada si kecil dalam memilih sikat, pasta gigi, gelas untuk berkumur, dan juga penutup kepala sikat yang ia sukai.

#2. Janga memaksi si kecil

Jangan pernah memaksa atau bahkan mengancam si kecil apabila dia menolak menyikat giginya. Bujuklah dan berikan penjelasan akan manfaat menyikat gigi yang sesuai dengan pemahamannya. Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi si kecil pada saat menyikat gigi. Berikan motivasi dan juga berikan pujian saat ia sudah selesai.

#3. Menyikat gigi anak dengan jari

Apabila anak Anda masih belum siap untuk menggosok gigi, maka Anda bisa menggunakan jari tangan Anda dan juga kain kasa yang halus untuk mengelap gigi anak, basahi saja kain kasanya lalu tambahkan dengan sedikit pasta gigi supaya lebih bersih.

Baca juga : Cara Mengatasi Anak Pemalu dan Penakut

#4. Berikan contoh kepada anak Anda

Cara efektif mengenalkan sikat gigi pada anak selanjutnya adalah dengan memberinya contoh. Berikan contoh dari Anda sebagai orangtuanya.

Anda bisa membiasakan kepada si kecil, misalnya dengan menentukan waktu untuk menggosok gigi bersama sebelum tidur dan setelah bangun pagi. Hal ini dilakukan agar anak Anda termotivasi dan terbiasa untuk melakukan hal yang sama.

#5. Gunakan sikat gigi elektrik

Anda sesekali juga bisa mencoba menggunakan sikat gigi elektrik sebagai alternatif agar si kecil juga tidak merasa bosan untuk melakukan kegiatan menggosok gigi ini.

Akhir kata,


Membiasakan anak untuk menggosok gigi sejak dini sangat penting bagi orang tua. Banyak sekali kasus kerusakan gigi pada orang dewasa yang disebabkan oleh tidak disiplinnya ia dalam merawat giginya melalui menggosok gigi.

Bila ditelusuri lebih jauh lagi, ternyata buruknya kesadaran untuk disiplin menggosok gigi ini dimulai sejak kecil. Mereka tidak terbiasa menggosok giginya secara teratur.

Nah, untuk mencegah hal yang demikian, mengenalkan gosok gigi pada anak sejak ini harus dilakukan.

Demikianlah tips agar anak Anda rajin sikat gigi ala vNoss. Semoga bermanfaat ya.


Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment