3 Cara Efektif Agar Anak Gemar Membaca Sejak Usia Dini

5/5 (3)

Cara efektif membiasakan anak gemar membaca – Bagi para orangtua, mempunyai anak-anak yang suka sekali membaca tentu menjadi suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Anak yang terbiasa membaca tentu memiliki wawasan yang luas.

Kemudian, orang tuanya pun tak akan mengalami masalah yang banyak dialami orang tua di luar sana, yaitu mendapati anaknya susah sekali untuk mau membaca buku..

mengajarkan anak gemar membaca sejak dini
Sumber : Pexels.com

Perlu diketahui, mengenalkan buku pada anak sejak usia dini ini adalah salah satu cara yang paling jitu (yang memang harus segera dilakukan oleh para orangtua) bila ingin anaknya menjadi gila membaca di kemudian hari. Lantas, kira-kira bagaimana cara memulai agar anak nantinya mencintai buku dan gemar membaca?

Di bawah ini kami rangkumkan beberapa cara membiasakan anak gemar membaca sejak usia dini yang kami himpun dari berbagai sumber yang kredibel.


Anda sudah membaca : Cara Mengajarkan Anak Sopan?

3 Cara Agar Anak Gemar Membaca Buku

Aapa saja yang harus dilakukan?

#1. Biasakan untuk membacakan cerita pada anak sejak dini.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan buku pada anak adalah dengan membacakan cerita pada anak secara rutin dan teratur sejak usia dini.

Anak secara alami suka sekali dibacakan dongeng ataupun cerita yang menarik. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena anak selalu ingin tahu. Ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi secara alami. Dan, hal yang demikian ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengenalkan buku pada buah hati tercinta.

Silakan Anda beli buku cerita yang sederhana dan memiliki gambar yang menarik, lalu ceritakan sebelum tidur atau pun di saat waktu senggang di rumah. Percayalah, cara satu ini sangat efektif menjadikan anak Anda lebih menyukai buku.

Di toko buku banyak sekali buku cerita menarik yang banyak gambarnya, yang bisa Anda gunakan sebagai media pembelajaran kepada si kecil. So, jangan malas untuk mencari buku dan membacakannya kepada mereka sejak usia dini ya.

Saran kami, bacakan buku cerita yang berisi kisah-kisah inspiratif tokoh-tokoh terkenal. Bila Anda seorang muslim, ceritakan kepada anak Anda tentang kehidupan Rasulullah, para Sahabat, dan orang-orang hebat di zaman dulu.

Secara tidak langsung, dengan Anda membacakan kisah inspiratif orang-orang hebat tersebut, Anda mengajarkan tentang nilai-nilai dan sikap positif yang harapannya dapat dicontoh oleh anak Anda kelak 🙂

Baca juga : Cara Efektif Mendidik Anak Agar Lebih Percaya Diri

#2. Lemparkan pertanyaan pada anak di sela-sela membacakan cerita

Pada saat Anda membacakan buku, buatlah anak Anda untuk ikut serta di dalam aktivitas membaca tersebut.

Bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan mengenai poin-poin di dalam cerita. Misalnya, Anda bisa bertanya seperti ini :

  • “Ada di mana kelincinya tadi dik?”
  • “Siapa sih yang mencuri makanan tersebut?”
  • “Mengapa Rasulullah dicintai para Sahabat, dik?”

Ini nantinya yang akan melatih anak untuk memahami cerita, merangsang otaknya untuk berpikir, sekaligus menjadi cara efektif dalam mengajarkan bahasa kepada anak. Siap?


#3. Berilah contoh dengan sering membaca di depan anak

Mulailah dari diri sendiri, begitu kata orang bijak. Proses membiasakan anak gemar membaca ini akan jadi lebih baik dan efektif bila Anda juga mencintai membaca buku. Ini nantinya akan menjadikan anak Anda terbiasa melihat buku sebab orangtuanya sendiri yang suka membaca dan juga memegang buku.

Ini yang akan menjadikan anak Anda penasaran dengan apa yang Anda lakukan, bahkan ia ingin melakukan hal yang sama seperti Anda.

Sebab, di rumah, anak Anda selalu melihat Anda. Jadi, memang benar anak adalah peniru terbaik orangtuanya, karena ia selalu melihat apa yang orang tuanya lakukan.

Ada yang dinamakan mere exposure effect dalam psikologi. Mere exposure effect secara mendalam diamati dan dipelajari oleh psikolog Robert Zajonc (1923-2008) dan rekan-rekannya. Mere exposure effect menyatakan bahwa semakin bertambahnya frekuensi (tingkat keseringan) seseorang melihat atau berjumpa suatu hal dapat menambah rasa suka terhadap hal itu.

Coba letakkan rak buku di rumah Anda. Letakkan rak buku di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Biarkan ia penasaran dengan buku-buku yang Anda tata di sana.

Demikianlah cara kenalkan anak pada buku agar suka membaca secara efektif yang bisa kami tuliskan. Semoga bermanfaat ya.

Sekian.


Berikan rating konten :


Leave a Comment