Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Materialistis

5/5 (1)

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Individu Materialistis – Mendidik anak di zaman sekarang ini pastinya mempunyai tantangan tersendiri. Bila kita perhatikan, sekarang banyak sekali orang yang mengukur kebahagian dan kesuksesan dengan materi. Maka, mau tidak mau Anda harus lebih berhati-hati saat memilih cara untuk mendidik anak.

Mendidik Anak Agar Tidak Materialistis
Sumber : Pexels.com

Banyak orang tua yang ingin memberi yang terbaik bagi anaknya, namun, tanpa disadari hal tersebut justru mendidiknya menjadi anak materialistis.

Baca juga : Cara Mendapatkan Teman dan Disukai Banyak Orang

Oleh karena itu, sudah menjadi tugas orangtua untuk bisa menanamkan pemahaman pada anak bahwa karakter moral, kebermanfaatan terhadap orang lain, kualitas hubungan dengan orang lain, dan sebagainya jauh lebih bernilai dan penting daripada materi yang bisa diusahakan.


Baca juga : Cara Efektif Mengajarkan Anak Menggosok Gigi

Dengan kata lain, orang tua harus bisa menyakinkan anaknya bahwa identitas mereka tidak hanya didasarkan terhadap apa yang mereka miliki. Orang tua harus mempelajari cara bagaimana mendidik anak agar mereka tidak menjadi individu materialistis.

Cara mendidik anak agar tak jadi individu materialistis

Apa saja yang bisa kita lakukan agar anak tidak menjadi individualis?

#1. Batasi anak menonton televisi

Ini merupakan aturan yang paling sering disebut para ahli. Ada baiknya anak tak menonton lebih dari 1 jam di setiap harinya, bahkan saran dari kami, jauhkan anak dari TV sebisa mungkin. Selain karena program yang ada di saluran-saluran televisi tak sesuai dengan usia anak, iklan yan muncul diantara program-program yang ada tersebut sering menarik perhatian anak dan pada akhirnya menjadikan mereka menginginkannya.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan perhatian anak ketika jeda iklan. Jika tidak, jelaskan pada anak Anda mengenai teknik pemasaran yang umumnya dipergunakan dalam iklan atau pun tonton acara yang tak ada iklannya. Tapi, saran kami, jauhkan anak-anak dari televisi. Lebih baik tidak menonton sama sekali.

#2. Katakan ‘tidak’ saat anak Anda ingin beli benda yang diinginkan

Tidaklah tindakan tepat untuk selalu memberi apa saja yang anak Anda inginkan. Lagipula Anda tak selalu mendapat apa yang diinginkan di dalam hidup ini bukan? Jadi, mengatakan tidak atau pun menolak untuk membelikan benda-benda yang anak Anda ingin bukan hal yang salah. Beri hadiah ketika ia melukakukan kebaikan, tapi bukan berarti Anda membelikan segala keinginannya.

#3. Berikan hadiah tanpa membeli

Selanjutnya, cara agar anak tidak menjadi individualis adalah dengan sesekali memberikannya hadiah berupa hasil kerajinan tangan. Sebaiknya Anda perlu melatih anak untuk mengerjakan kerajinan tangan, apapun bentuknya. Nah, hasil kerajinan tangan ini lah yang selanjutnya dijadikan hadiah kepada orang lain. Hal yang demikian ini akan mendorong anak untuk lebih kreatif di dalam membuat hadiah tanpa keluarkan uang.

Contoh kerajinan tangan ini seperti : membuat kartu ucapan, poster, atau pun puisi yang bisa menggambarkan rasa sayang mereka bagi para penerima hadiah.

#4. Latih kesadaran anak untuk berbagi kepada orang lain


Anda tak harus memaksa anak untuk menyumbangkan benda kesayangan. Anda bisa menjadi contoh bagi anak dengan menyumbangkan barang milik Anda sendiri untuk kegiatan amal serta jelaskan alasan Anda untuk melakukan hal tersebut.

Jelaskan kepada anak bahwa di luar sana banyak sekali orang yang kondisinya tidak seberuntung kita. Setelah itu biarkan anak Anda tahu bahwasannya mereka bisa mendonasikan barang-barangnya pula.

#5. Ajarkan prioritas kepada anak

Bila anak Anda sudah mulai mengerti, ajarkan prioritas kepada mereka. Biarkan mereka me-list apa saja kebutuhan dan keinginan-keinginannya. Minta mereka mengurutkan dari apa yang paling ia inginkan. Lalu Anda bisa koreksi dan jelaskan, apakah daftar keinginannya tersebut benar-benar ia butuhkan atau tidak.

Jelaskan dengan baik ya. Anda tidak perlu memarahi si kecil lantaran hal ini.

Akhir kata, perkembangan zaman yang semakin modern ini memberikan tantangan tersendiri bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya. Penanaman untuk meletakkan dunia di tangan, bukan di hati, perlu dilakukan sejak dini agar ia tak menjadi individu materialistis saat dewasa.

Demikianlah tulisan tentang cara mendidik anak agar tak jadi individu materialistis versi kami.


Semoga bermanfaat ya.

Berikan rating konten :


Leave a Comment