Cara Menghemat Baterai Laptop

5/5 (6)

Cara Menghemat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama – Dewasa ini, kebutuhan manusia terhadap laptop semakin meningkat. Terlebih, bagi para siswa sekolah dan mahasiswa, penggunaan laptop sepertinya hampir tak bisa dihindari. Satu dari permasalahan yang sering muncul pada penggunaan laptop adalah baterai drop atau boros.

cara menghemat baterai laptop secara efektif
IMG via Pexels.com

Penggunaan laptop yang semaunya dan tidak memperhatikan aturan yang benar menjadi penyebab utama mengapa daya tahan baterai laptop buruk. Tak jarang, kebiasaan buruk menggunakan laptop bisa menyebabkan baterai laptop drop atau rusak.

Kebiasaan yang dapat memperpendek usia baterai laptop

Kebiasaan-kebiasaan pengguna laptop yang dapat menyebabkan baterai laptop cepat rusak antara lain :

  1. Men-charge laptop saat digunakan kerja berat secara terus menerus.
    Jangan terlalu sering menggunakan laptop kerja berat saat dicharge. Laptop didesain bukan untuk hal demikian. Bila Anda butuh sebuah workstation yang bekerja 24 jam sehari, jangan gunakan laptop. Belilah sebuah Personal Computer (PC) untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  2. Menggunakan laptop di ruangan panas + tanpa pendingin
    Temperatur udara ruangan sangat mempengaruhi laptop Anda. Akan lebih baik Anda menggunakan pendingin laptop bila Anda bekerja pada ruangan yang tidak ber-AC.
  3. Menggunakan adaptor charger laptop lain
    Sepertinya ini adalah kebiasaan yang sering kita lakukan. Alih-alih baterai laptop terisi penuh, kebiasaan ini justru dapat merusak baterai bila dilakukan terlalu sering. Laptop memiliki rating arus dan tegangan charger yang berbeda-beda. Lalu, rating arus dan tegangan tersebut tiap jenis laptop bisa sangat bervariasi. Oleh sebab itu, hal demikian dapat memperpendek usia baterai laptop Anda.
  4. Tetap men-charge walau baterai penuh
    Memang, pada beberapa tipe laptop dibenamkan teknologi untuk dapat mendeteksi bila baterai laptop telah penuh, maka digunakan daya dari adaptor langsung. Namun, alangkah baiknya bila kita mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan tidak men-charge laptop saat baterai telah penuh.

Anda masih sering melakukan keempat hal di atas? Segera tinggalkan ya, agar baterai laptop Anda tidak cepat soak.


Selanjutnya, apa saja yang bisa kita lakukan agar baterai laptop awet dan tahan lama? Berikut uraian serta penjelasan kami.

Baca juga : Template Postingan Instagram Keren ala Pesan WhatsApp

Tips Memaksimalkan Daya Tahan dan Mengehemat Baterai Laptop

Inilah cara menghemat baterai laptop versi kami.

#1. Defragmentasi Hard Disk

Sering-seringlah Defragmentasi Hard disk (minimal 2 bulan sekali). Defragmentasi akan memperingan kinerja Hard disk anda dan tentunya juga memperingan kinerja baterai laptop anda.

#2. Gunakan mode Battery Saver

Cara Menghemat Baterai Laptop 1
Img via PCMag

Bila Anda menggunakan laptop Windows, Anda bisa memanfaatkan fitur Battery Performance Slider untuk memaksimalkan daya tahan baterai laptop Anda. Ada empat setting yang bisa Anda pilih :

  • Best Performance : Mode ini digunakan untuk melakukan kerja-kerja berat. Mode yang memaksimalkan seluruh performa laptop. Windows tak akan menghentikan proses-proses yang sedang bekerja pada background sealama mode ini diaktifkan.
  • Better Performance : Pada setting ini dilakukan pembatasan pada resources untuk aplikasi yang bekerja di background. Tapi tetap, sistem akan memprioritaskan performa dibandingkan dengan efisiensi powernya.
  • Better Battery : Mode yang akan membuat baterai laptop Windows Anda bertahan lebih lama dibanding dengan mode Better Performance. Biasanya, pada mode ini dilabeli dengan tulisan “Recommended”.
  • Battery Saver : Mode yang hanya menyala saat laptop tidak dicharge. Ia akan mengurangi brightness layar laptop menjadi 30%, mencegah Windows untuk melakukan update otomatis, menghentikan proses sinkronisasi email, dn melakukan penghentian beberapa aplikasi yang berjalan di background.

Nah, untuk memaksimalkan baterai laptop Anda, pilihlah mode Battery Saver atau Better Battery.

#3. Tutup proses yang tidak penting

Tutup proses-proses program yang tidak penting. Proses proses yang berjalan bisa anda lihat pada Task Manager.

Cara menutup atau menghentikan proses pada Task Manager di Windows 10 :

  • Klik kanan pada task bar, pilih Task Manager.
  • Pilih tab Users
  • Klik 2x Username akun windows Anda
  • Pilih proses yang ingin dimatikan.Kemudian klik kanan,lalu End Task
Cara Mematikan Proses Tidak Berguna Di Task Manager
Mematikan proses di Task Manager Windows 10

Untuk windows 7 dan 8 caranya kurang lebih sama.

#4. Aktifkan Airplane Mode

mengaktifkan Airplane Mode untuk menghemat baterai laptop
IMG via PCMag

Bila Anda tidak sedang bekerja menggunakan internet, aktifkan Airplane Mode laptop Anda. Mode airplane ini secara default akan mematikan Wi-Fi dan Bluetooth laptop, sehingga beban baterai laptop bisa berkurang dan daya tahan laptop lebih lama.

Ohya, meskipun secara default Wifi dan Bluetooth laptop akan mati, Anda bisa menyalakan salah satu atau keduanya saat Airplane Mode ini masih aktif.

#5. Keluarkan CD/DVD

Keluarkan CD/DVD dari dalam DVD ROM anda setelah digunakan. Karena, jika CD/DVD ada di dalam, otomatis CD ROM bekerja dan tentunya menguras baterai laptop Anda.


#6. Atur brightness layar laptop Anda

Atur Brightness LCD laptop anda ke tingkat yang rendah (gelap). Sesuaikan juga dengan kenyamanan Anda.

#7. Matikan suara

Matikan suara-suara yang menjadi efek tema pilihan Anda. Hal-hal sepele ini juga mempengaruhi kinerja baterai laptop Anda lho.

#8. Jangan gunakan Screensaver.

Matikan screensaver. Biarkan LCD anda blank (hitam) bila tidak sedang digunakan.

Baca juga : Hero terbaik untuk Ranked Mobile Legends

#9. Gunakan mode Hibernate

Jika anda ingin meninggalkan laptop sebentar, gunakan Mode Hibernate. Mengapa bukan Sleep? Karena pada mode Sleep atau Stand by, memory laptop Anda tetap bekerja. Artinya, hal tersebut mempengaruhi kinerja baterai laptop Anda.

#10. Jangan lakukan multitasking berlebihan

Jangan lakukan Multi Tasking (Membuka banyak program secara bersamaan) yang berlebihan.

#11. Gunakan baterai dan charger laptop original

Tips kesebelaas dan menurut kami yang paling penting adalah pastikan charger ataupun baterai laptop anda benar-benar asli. Untuk menjamin usia baterai laptop Anda lama, syarat utamanya adalah menggunakan baterai dan charger asli.

Bila baterai atau charger laptop Anda pernah rusak, belilah baterai dan charger original. Lebih baik membeli baterai atau charger original second daripada membeli charger atau baterai baru namun KW. Berhati-hatilah, sebab di pasaran banyak dijual baterai laptop murah yang diklaim ori, ternyata produk cloning, atau bukan asli.


#12. Bawa baterai laptop cadangan

Tips ini sangat berguna bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Traveller, engineer, atau siapapun yang banyak berkativitas di luar ruangan bisa sangat terbantu dengan membawa baterai laptop cadangan untuk memenuhi kebutuhannya.


Akhir kata,

Banyak cara dan pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Semoga tips yang kami bagikan disini bermanfaat ya.


Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment