Cara Efektif Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

5/5 (4)

Cara Efektif Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak – Sebagai orangtua yang baik, tentunya Anda menginginkan anak-anak Anda berhasil, baik secara akademik dan juga emosional di dalam kehidupan mereka. Sering sekali orangtua dan juga pendidik hanya terfokus kepada bidang akademik saja. Mereka cenderung mengabaikan kecerdasan emosional anak.

cara melatih kecerdasan emosional anak
Sumber : Pexels.com

Daniel Goleman menuliskan sebuah buku yang berjudul “Emotional Intelligence”, yang mana dalam buku tersebut dia menuliskan apa arti dan maksud dari kecerdasan emosional. Dia juga membahas serta menuliskan bagaimana Anda bisa mendidik kecerdasan emosional anak-anak Anda sejak usia dini dalam kehidupan mereka.

Bahkan tak hanya itu saja, dia juga jelaskan kenapa kemampuan anak dalam menangi emosi atau EQ yang baik bisa jadi indikator yang lebih baik pada keberhasilan daripada kecerdasan IQ.

Lantas, bagaimana cara mendidik dan mengembangkan kecerdasan emosional anak usia di dini? Simakan tulisan singkat kami ini ya.


Cara Efektif Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

Hal-hal di bawah ini perlu Anda perhatikan.

#1. Mengembangkan kesadaran diri anak

Ini adalah tentang diri sendiri dan juga tentang memahami perasaan orang lain, mengetahui apa yang diinginkan, dan mengetahui apa yang Anda suka serta menyelaraskannya dengan kebutuhan dan kepentingan orang lain. Orang cerdas mengenai hal tersebut nantinya akan membuat sebuah keputusan yang jauh lebih baik tentang suatu keputusan yang memengaruhi kehidupannya satu kali dalam seumur hidup.

Baca juga : Anak takut berenang?

Contohnya adalah keputusan dengan siapa mereka nantinya akan menikah atau pun pekerjaan apa yang akan dipilih. Yang demikian ini akan menjadikan anak lebih merasa dihargai, dipahami, divalidasi, tingkatkan harga diri dan juga penerimaan diri mereka.

Untuk itu, ajarkan kepada anak untuk selalu mencoba memahami perasaan orang lain, menghargai orang lain, pekerjaannya, pendapatnya, dan sebagainya. Ajarkan anak untuk banyak mendengar. Jangan biasakan selalu memberikan apa yang anak inginkan ya, Bund.

#2. Ajarkan kepada anak untuk mengelola perasaannya

Sedangkan yang demikian ini melibatkan penangangan emosi seseorang, khususnya kecemasan, kemarahan, dan juga frustasi. Tingkat kedewasaan diri adalah salah satu cara terbaik dan paling tepat untuk menangani emosi. Menerima perasaan anak-anak akan sangat membantu anak untuk belajar tentang bagaimana caranya menenangkan diri dan juga bersantai.

Anak-anak perlu sekali belajar bahawasannya emosi mempunyai fungsi serta perlu dikelola yang lebih efektif lagi. Anak juga perlu diajarkan bagaimana cara untuk bangkit kembali dari kegagalan serta masalah. Belajar untuk mengelola perasaan bisa membantu meringankan perasaan stress berat serta meringankan penyakit yang ada kaitannya dengan stress.

Lihat juga : Pers pada masa orde baru

#3. Berikan motivasi kepada anak, selalu!

Hal satu ini penting sekali untuk keberhasilan hidup. Keberhasilan di dalam hidup sulit sekali untuk dicapai tanpa adanya motivasi dan juga ketekunan, khususnya saat hadapi kegagalan. Kemampuan memotivasi diri libatkan pengendalian diri, tak mudah merasa puas, bisa kendalikan impulsif, dan tekun. Optimisme dan juga harapan bisa dicontohkan dengan cara yang seperti ini

“Nak, Kamu pasti bisa lakukan hal tersebut dan Mama percaya padamu”

Hal yang demikian ini penting sekali bagi para orangtua dan pendidik untuk ditanamkan pada anak-anak.

Nah, itulah tadi tulisan singkat yang dapat kami bagikan kepada Anda tentang cara mendidik kecerdasan emosional anak sejak usia dini yang sangat efektif. Tidak perlu muluk-muluk. Melakukan yang sedikit tapi tekun jauh lebih baik daripada melakukan banyak teori namun tidak berkelanjutan.

Semoga bermanfaat. Semoga kecerdasan spiritual anak kita meningkat ya Bund.



Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment