Cara Melacak HP Hilang [Work 100%]

5/5 (21)

Banyak orang yang langsung putus asa ketika handphone yang dimilikinya dicuri atau hilang. Jika handphone yang anda miliki tersebut termasuk smartphone, seharusnya anda jangan putus asa terlebih dahulu.

cara melacak hp hilang dengan mudah
Melacak HP Hilang (Android dan iPhone)

Kenapa? Karena sebenarnya ada banyak sekali cara melacak HP yang hilang jika HP yang anda miliki termasuk smartphone. Ada banyak sekali hal yang bisa anda gunakan untuk melacak dimana lokasi HP anda saat ini.

Mau tau bagaimana cara mengetahui lokasi HP hilang jika HP yang anda miliki termasuk smartphone? Jika anda mau tau bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan mudah, anda bisa pelajari caranya lebih lanjut di dalam artikel ini.

3 Cara paling efektif yang bisa digunakan untuk melacak HP hilang

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara melacak HP hilang, sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa anda gunakan.


Namun dari sekian banyak cara mengetahui lokasi HP hilang, hanya ada 3 cara yang dikatakan cukup efektif untuk menemukan dimana lokasi HP anda yang hilang tersebut.

Berikut ini adalah 3 cara yang bisa anda gunakan untuk menemukan dimana lokasi HP anda yang hilang:

  1. Dengan menggunakan IMEI dari HP anda

Cara pertama untuk melacak dimana HP anda yang hilang adalah dengan menggunakan IMEI.

Apa yang dimaksud dengan IMEI? Dan kenapa IMEI bisa digunakan untuk menemukan dimana HP anda yang hilang?

Yang dimaksud dengan IMEI itu adalah nomor seri dari HP anda. IMEI ini biasanya bisa anda temukan di dalam packaging HP, bagian dalam HP, dan juga di dalam sistem HP anda.

Lalu kenapa anda bisa melacak HP hilang dengan IMEI? Hal itu disebabkan karena semua operator telekomunikasi dipastikan bisa melacak dimana posisi HP anda selama HP anda memiliki IMEI yang sah.

Jadi jika anda benar-benar yakin bahwa IMEI HP anda terdaftar, maka anda bisa menggunakannya untuk melacak dimana lokasi HP anda yang hilang dengan bantuan dari operator telekomunikasi yang anda gunakan di dalam HP anda yang hilang.

Berangkatlah ke galeri/kantor operator seluler terdekat.

Namun, proses ini biasanya tidak mudah. Anda perlu membuat surat keterangan kehilangan di polsek terdekat, sebagai pengantar untuk mendapatkan informasi lokasi HP terkahir dari operator SIM card di dalam HP Anda yang hilang.

Pun, lokasi yang terbaca adalah lokasi terakhir dimana HP Anda tersebut masih menyala dan tertancapkan SIM card Anda. Jadi, Anda harus cepat-cepat menghubungi operator untuk mengetahui lokasi HP hilang Anda.

Baca juga : Mengetahui WA disadap

  1. Dengan menggunakan email

Selain melacak HP hilang dengan IMEI, anda juga bisa melacak HP hilang dengan email.


Melacak HP yang hilang dengan menggunakan email ini adalah cara kedua yang cukup efektif, terutama bagi anda yang menggunakan smartphone Android.

Kenapa? Karena untuk bisa menggunakan smartphone Android, anda diwajibkan untuk memasukkan alamat email kedalam sistem Android.

Ketika anda memasukkan alamat email anda kedalam sistem Android, secara otomatis saat itupun anda sudah mengaktifkan keamanan pada sistem Android di smartphone anda.

Jika dibandingkan dengan cara melacak HP hilang dengan IMEI, memang proses melacak menggunakan email ini lebih rumit. Namun tingkat kesuksesan untuk bisa menemukan kembali HP anda yang hilang juga cukup tinggi.

  1. Dengan menggunakan aplikasi khusus

Cara melacak HP yang hilang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Bagi anda yang mencari HP hilang dengan sistem operasi Android, anda bisa menggunakan aplikasi khusus seperti Google Find My Device.

Jika HP anda yang hilang menggunakan sistem iOS, maka anda bisa melacak HP hilang dengan aplikasi Find My Iphone.

Namun pastinya, sebelum melacak HP hilang dengan aplikasi, HP yang mau dilacak sudah harus memasang sistem pengaman untuk ditemukan ketika hilang.

Jika HP anda belum dipasangi dengan aplikasi tersebut, maka anda tidaka akan bisa melakukan pencarian menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut ketika HP anda hilang.


Langkah-langkah mengetahui lokasi HP hilang dari kami

Ya, ada 3 cara melacak HP yang hilang. Dari 3 cara tersebut, 2 diantaranya bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan pihak berwajib maupun operator.

Langsung saja.

#1 – Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP Hilang [Work 100%] 1
Hubungi Operator Seluler

Seperti yang kami jelaskan di atas. Cara mengetahui lokasi handphone Anda yang hilang melalui IMEI adalah dengan segera menghubungi operator seluler yang Anda gunakan.

Operator seluler bisa melacak lokasi HP Anda selama SIM card masih tertancap di handphone Anda yang hilang. Baca hal tersebut selengkapnya di salah satu tulisan CNN Indonesia ini.

Hasil pelacakan IMEI oleh operator seluler ini sangat valid. Tidak asal seperti yang ditawarkan aplikasi berembel-embel pelacak IMEI yang banyak beredar.

Segera hubungi CS operator yang Anda gunakan, ya. Semoga mereka dapat membantu menemukan lokasi HP hilang Anda.

Baca juga : Aplikasi catatan terbaik di Android

#2 – Cara Melacak HP Hilang Dengan Email Aktif

Salah satu cara mengetahui lokasi HP hilang yang bisa anda lakukan sendiri adalah dengan melacaknya menggunakan alamat email. Cara ini memang paling efektif digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android.


Kenapa? Karena semua smartphone Android itu mewajibkan pengguna untuk memasukkan alamat email aktif ketika mau menggunakan aplikasi di Playstore.

Lalu bagaimana caranya melacak HP yang hilang dengan email aktif itu?

Berikut ini adalah langkah-langka melacak HP hilang dengan email aktif:

 

  1. Buka browser dan akses https://myaccount.google.com
  2. Login, masukkan username dan juga password sesuai dengan akun Gmail yang anda gunakan di dalam smartphone yang hilang.

Melacak HP Hilang (3)

  1. Setelah berhasil masuk kedalam akun Google anda, pilih menu security / keamanan. Letaknya di bagian menu atas halaman, geser ke kanan.

Melacak HP Hilang

  1. Scroll layar kebawah hingga menemukan kolom “Perangkat Anda” atau ” Your Devices“.
  2. Pilih menu “Temukan ponsel yang hilang atau dicuri” atau “Find a lost or stolen phone” yang tepat berada di bawah info perangkat yang terhubung dengan akun Google anda.
  3. Pilih smartphone anda yang hilang.
  4. Setelah itu, masukkan password akun Google yang anda gunakan untuk aktivasi di smartphone yang hilang.

Melacak HP Hilang (2)

  1. Pilih “Deringkan” atau “Ring” jika HP anda tidak dicuri namun hanya hilang saja. (Seketika handphone android Anda akan berdering dengan kencang)
  2. Pilih “Temukan” atau “Locate” jika HP anda dicuri. Ketika anda memilih menu tersebut, anda harus mengaktfikan GPS di dalam smartphone anda dan melacak lokasinya.
  3. Anda akan diperlihatkan lokasi HP Anda yang terakhir kali dideteksi oleh Google.
  4. Anda juga bisa mengunci HP Anda yang hilang tersebut dengan kode yang Anda tentukan dengan memilih menu “Secure Device“.

Cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan email yang terdaftar di dalam smartphone ini memang sangat efektif terutama jika anda mengaktfikan fitur verifikasi akun Google juga di dalam smartphone anda.

Pasalnya, jika fitur tersebut sudah anda aktifkan, secara otomatis tidak akan ada yang bisa melakukan hard reset pada smartphone anda untuk menghilangkan akun Google yang terhubung di dalamnya.

Alternatif URL yang bisa Anda akses adalah : http://www.google.co.id/android/devicemanager

Note : Pastikan Anda sudah login dengan akun google.

Baca juga : Download Video Youtube di HP Android

#3 – Cara Melacak HP Hilang Dengan Aplikasi

Melacak HP Hilang dengan Aplikasi

Selain dengan menggunakan alamat email, ada cara melacak HP yang hilang lain yang juga cukup efektif.

Cara mengetahui lokasi HP hilang yang efektif dan bisa anda lakukan sendiri adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus.

Baik smartphone dengan sistem operasi Android dan IOS sudah dibekali dengan aplikasi yang digunakan untuk melacak HP yang hilang.

Pada smartphone Android aplikasinya bernama Google Find My Device, sedangkan pada Iphone aplikasinya bernama Find My Iphone.

Bila Anda belum menginstall, download kedua aplikasi tersebut dengan meng-klik link di bawah ini :

Lalu bagaimana caranya melacak HP hilang dengan aplikasi tersebut?

Berikut ini adalah langkah-langkah melacak handphone hilang dengan aplikasi:

  1. Bagi anda yang mau melacak smartphone Android, anda bisa akses https://www.google.com/android/find. Setelah itu, masukkan akun Google yang terpasang di dalam smartphone anda yang hilang.
  2. Bagi anda yang mau melacak Iphone, anda bisa mengakses https://www.icloud.com/#find. Setelah itu, masukkan Apple ID yang anda gunakan untuk mengaktifkan Iphone yang hilang.
  3. Jika sudah masuk kedalam akun anda, maka anda hanya perlu melihat dimana lokasi terakhir HP anda berada dari map yang ditampilkan di layar.
  4. Selain bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang, aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengunci agar tidak ada yang bisa membuka data-data yang ada di dalam smartphone anda.
  5. Tak hanya itu saja, aplikasi-aplikasi itupun juga bisa digunakan untuk menghapus semua data-data penting agar tidak ada yang bisa mencurinya.

Sebelum menutup tulisan ini, kami akan berikan tips-tips untuk mencegah dan mengamankan HP hilang.

Tips Mencegah dan Mengamankan HP Hilang

  • Aktifkan GPS saat Anda hendak keluar rumah.
  • Tautkan akun email Anda di HP (gmail ataupun AppleID)
  • Backup data-data sangat penting ke cloud. Anda bisa menggunakan Google Drive, iColoud, Dropbox, ataupun yang lain.
  • Buat kode lock HP yang tidak mudah ditebak, namun selalu Anda ingat. Anda bisa mencatat atau menggambar pola kunci HP di buku catatan Anda.
  • Catat dan simpan kode IMEI handphone Anda.
  • Jangan meletakkan handphone Anda dengan sembrono. Simpan dengan baik.
  • Sebagai opsi, gunakan aplikasi anti maling seperti Anti-theft Alarm, untuk sedikit mengerjai pencuri HP Anda.

Akhir kata,

Bagaimana? Cukup banyak bukan cara mengetahui lokasi HP hilang. Jadi manakah cara melacak handphone yang hilang yang akan anda coba gunakan pertama kali?

Beri saran dan masukan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini ya.


Semoga bermanfaat.

Berikan rating konten :

Leave a Comment