Manfaat dan Risiko Jailbreak iPhone

5/5 (1)

Manfaat Jailbreak iPhone dan RisikonyaJailbreak IPhone adalah hal yang cukup sering dibicarakan oleh pengguna iPhone yang kurang puas dengan ekosistem yang diciptakan oleh Apple.

Risiko dan Manfaat Jailbreak iPhone
Manfaat dan RIsiko Jailbreak iPhone

Dengan melakukan jailbreak, memang pengguna IPhone bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Namun demikian, pengguna yang mau melakukan jailbreak pada IPhone yang dimilikinya juga harus siap menanggung risikonya.

Apakah anda mau tau apa manfaat dan juga risikonya melakukan jailbreak iPhone? Jika anda mau tau semua hal mengenai jailbreak pada IPhone tersebut, anda bisa pelajari lebih lanjut di dalam artikel ini.

Apa Itu Jailbreak iPhone?

Sebelum membahas lebih detail mengenai apa saja manfaat dan juga risiko melakukan jailbreak pada IPhone yang anda miliki, pertama-tama anda harus tau terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan jailbreak itu.


Yang dimaksud dengan jailbreak adalah satu proses yang dilakukan untuk bisa mendapatkan kendali 100% pada IPhone yang anda miliki. Jadi setelah melakukan jailbreak, anda sebenarnya bisa melakukan hampir semua hal yang anda inginkan pada IPhone yang anda miliki.

Namun sekali lagi, karena anda bisa melakukan apapun yang anda mau dengan menggunakan IPhone yang anda miliki, risiko yang harus siap anda tanggung juga cukup besar ketika melakukan jailbreak IPhone.

Baca juga :

3 Manfaat Jailbreak iPhone yang Bisa Anda Rasakan

Setelah berhasil melakukan jailbreak iPhone, memang benar ada banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan. Berikut adalah beberapa macam manfaat jailbreak iphone terbesar yang bisa anda rasakan :

  1. Bisa pasang aplikasi dari luar App Store

Manfaat jailbreak iphone yang pertama adalah mengenai kemudahan instalasi aplikasi.

Salah satu kelebihan utama dari IPhone itu terletak pada sistem keamanannya. 99,9% perangkat IPhone itu memang cukup sulit ditembus oleh virus ataupun malware.

Hal tersebut dilakukan oleh Apple dengan mengisolasi penggunanya. Jadi ketika anda menggunakan IPhone, anda sama sekali tidak diperbolehkan untuk mencoba memasang aplikasi apapun diluar App Store.

Kebijakan tersebut memang bisa diterima di awalan. Namun lambat laun, mulai banyak pengguna IPhone yang merasa bahwa App Store justru digunakan untuk kegiatan monopoli.

Pasalnya, ada banyak sekali aplikasi berkualitas diluar yang tidak bisa digunakan oleh pengguna IPhone. Kenapa? Karena aplikasi tersebut tidak masuk di dalam App Store.

Oleh sebab itu, banyak pengguna IPhone yang mulai memilih melakukan jailbreak agar bisa memasang aplikasi apapun sesuai dengan keinginan anda.

Jadi dengan berhasil melakukan jailbreak IPhone, anda dijamin sudah bisa memasang aplikasi apapun tanpa dihalangi oleh sistem keamanan yang terpasang di dalam IPhone anda.

  1. Lebih mudah menghubungkan iPhone dengan perangkat non Apple

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan utama dari perangkat buatan Apple itu adalah keamanannya. Namun sayangnya, hal tersebut kadang justru mempersulit pengguna.


Salah satu contoh kenapa sistem keamanan Apple di IPhone itu justru mempersulit pengguna adalah karena proses untuk menghubungkan IPhone dengan perangkat non Apple itu sangat tidak mudah.

Oleh sebab itu, banyak pengguna IPhone yang memilih melakukan jailbreak. Kenapa? Karena satu dari manfaat iphone di jailbreak, IPhone bisa dengan mudah dikoneksikan dengan perangkat lain yang tidak masuk dalam ekosistem Apple.

  1. Bebas melakukan personalisasi iPhone sesuai dengan keinginan anda

Manfaat jailbreak iphone selanjutnya adalah berkaitan dengan personalisasi device.

Selain bisa lebih mudah terkoneksi dengan perangkat non Apple dan juga bisa memasang aplikasi diluar App Store, manfaat lain dari melakukan jailbreak pada IPhone adalah anda bisa menggunakan berbagai hal untuk mempersonalisasi iPhone yang anda miliki.

Anda tidak hanya bisa melakukan personalisasi seperti mengganti tema IPhone anda saja. anda bahkan bisa mengubah jenis font yang digunakan di IPhone anda.

Sebagai tambahan, anda juga bahkan bisa mengaktifkan berbagai fitur khusus yang selama ini dimatikan di IPhone yang anda miliki, seperti contohnya adalah personalisasi fitur gesture dengan menggunakan 1 jari,  2 jari, atau 3 jari.

Baca juga :

Apa Saja Risiko Jailbreak iPhone?

Anda memang bisa merasakan berbagai hal yang selama ini tidak bisa dirasakan oleh pengguna IPhone setelah berhasil melakukan jailbreak.


Namun demikian, melakukan proses jailbreak IPhone itu juga ada cukup banyak risikonya. Oleh sebab itu, sebelum anda memutuskan untuk melakukan jailbreak pada IPhone yang anda miliki, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu tentang apa saja risiko jailbreak IPhone berikut ini:

  1. Garansi resmi dari Apple hilang

Risiko pertama dari melakukan jailbreak pada IPhone adalah garansi resmi dari Apple hilang. Kenapa garansinya hilang? Hal tersebut disebabkan karena anda secara tidak langsung sudah membobol sistem keamanan yang dipasang di IPhone anda sendiri.

Oleh sebab itu, Apple sama sekali tidak mau menanggung kerusakan ataupun kehilangan data pada IPhone yang sudah di-jailbreak.

  1. Baterai iPhone (bisa jadi) lebih boros

Risiko jailbreak iPhone yang kedua berkaitan dengan baterai device Anda.

Proses jailbreak pada IPhone itu memang bisa membuka semua fitur-fitur tersembunyi sehingga bisa dengan bebas anda gunakan.

Namun hal tersebut sebenarnya juga membuat konsumsi baterai IPhone menjadi lebih boros lagi. Kenapa? Karena ada banyak fitur yang diaktifkan, maka tidak heran jika hardware IPhone dipaksa untuk terus aktif.

  1. Performa IPhone menjadi tidak stabil

Karena ada banyak fitur personalisasi yang aktif pada IPhone yang sudah di-jailbreak, maka secara otomatis performa IPhone juga berpotensi tidak stabil.

Ketika performa IPhone tidak stabil, maka ada kemungkinan IPhone yang anda miliki bisa mengalami hang ataupun stuck setelah di-jailbreak.


Hal tersebut bisa terjadi karena IPhone dipaksa untuk bekerja lebih berat dari seharusnya. Jika terus terjadi, kemungkinan besar IPhone juga bisa mengalami kerusakan permanen.

  1. iPhone berpotensi terserang virus dan malware

Risiko jailbreak iphone yang terakhir adalah berhubungan dengan keamanan perangkat.

Karena sistem keamanan di IPhone sudah dibuka, maka IOS yang terpasang di dalam IPhone yang sudah di-jailbreak juga sangat berisiko terserang berbagai virus dan juga malware.

Oleh sebab itu, jailbreak tidak disarankan dilakukan oleh anda yang terbiasa menggunakan IPhone untuk mendukung kegiatan usaha anda. Pasalnya, semua data-data penting anda bisa dicuri dengan mudah ketika IPhone yang anda gunakan sudah di-jailbreak.

Baca juga :

Penutup

Setelah tau apa saja manfaat dan juga risikonya melakukan jailbreak iPhone, apakah menurut anda melakukan jailbreak pada IPhone itu masih layak untuk dicoba?

Semoga bermanfaat ulasan kami ini ya.


ENJOY!

Berikan rating konten :

Leave a Comment