iPhone Factory Unlocked (FU)

5/5 (1)

Kekurangan iPhone Factory Unlocked (FU) dan Kelebihannya – iPhone factory unlocked sebenarnya bukan tipe official dari Apple. Factory unlock atau biasa disingkat dengan FU adalah istilah yang digunakan oleh pengguna IPhone saja.

Factory Unlock IPhone, Apa Nilai Plus dan Minusnya
Kelebihan-Kekurangan iPhone Factory Unlocked

Jadi, jika ditanya apakah Apple secara resmi mengeluarkan IPhone dengan seri factory unlock atau FU, jawabannya adalah tidak.

Apa itu iPhone Factory Unlocked (FU)?

Lalu sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan iPhone factory unlocked? Yang dimaksud dengan IPhone FU atau factory unlock itu adalah IPhone yang tidak dibundling oleh provider telekomunikasi.

Sedangkan yang dibundling dengan provider telekomunikasi disebut dengan IPhone software unlock atau biasa disingkat dengan IPhone SU.


Lalu apa saja nilai plus dan juga minus dari IPhone FU tersebut? Apakah IPhone factory unlock jauh lebih baik dibandingkan dengan SU? Bagi anda yang mau tau lebih banyak mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Baca juga :

Kelebihan iPhone Factory Unlocked Untuk Pengguna

Seperti yang sudah dijelaskan, IPhone FU atau factory unlock adalah IPhone yang bisa digunakan secara bebas. Secara mudahnya, IPhone factory unlock ini adalah IPhone yang bisa anda beli dari outlet resmi.

Karena statusnya factory unlock, maka sudah jelas jika iPhone factory unlocked ini punya lebih banyak nilai plus, khususnya bagi pengguna. Berikut ini adalah beberapa nilai plus dari IPhone factory unlock tersebut:

  1. Anda bebas gonta ganti provider telekomunikasi

Karena bukan termasuk dalam produk bundling, maka anda jelas bisa dengan bebas gonta ganti provider telekomunikasi sesuka anda.

Hal ini tidak bisa dilakukan pada IPhone jenis software unlock. Kenapa? Karena jaringannya sudah dikunci dengan provider yang dibundling. Jadi mau tidak mau, anda hanya bisa menggunakan provider tersebut saja.

Jikalaupun mau gonta ganti provider, anda harus melakukan jailbreak pada IPhone anda untuk bypass jaringannya.

  1. Bisa update IOS dengan sangat mudah

Selain bisa bebas gonta ganti provider telekomunikasi, anda yang menggunakan iPhone factory unlocked juga bisa bebas update IOS. Anda bisa langsung menikmati update IOS setelah Apple meluncurkan versi terbaru.

Hal ini tidak bisa anda dapatkan jika menggunakan IPhone jenis software unlock. Kenapa? Karena mau tidak mau anda harus menunggu versi jailbreak terlebih dahulu jika mau update IOS di IPhone anda. Pasalnya, tidak semua versi jailbreak itu bisa bekerja secara stabil dan juga maksimal.

  1. Tidak perlu repot-repot jailbreak IPhone yang anda miliki

Seperti yang anda ketahui, untuk bisa bebas menggunakan IPhone tipe software unlock, memang anda mau tidak mau harus melakukan jailbreak. Padahal, proses jailbreak itu tidak mudah.

Jika anda memiliki IPhone tipe factory unlock, sudah dapat dipastikan anda tidak perlu dipusingkan dengan proses jailbreak tersebut bukan?

IPhone versi factory unlock itu memang lebih banyak nilai plusnya jika dibandingkan dengan versi software unlock. Namun demikian, versi FU itu tetap punya nilai minus.


Baca juga :

Kekurangan iPhone Factory Unlocked Dibanding Versi Software Unlock (SU)

Jika berbicara mengenai nilai minus, jelas ada satu nilai minus dari IPhone versi factory unlock jika dibandingkan dengan versi software unlcok.

Kekurangan dari iPhone factory unlocked tersebut adalah harga jualnya yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan IPhone versi software unlock.

Oleh sebab itu, jika anda memang ingin bisa memiliki IPhone dan bisa menggunakan provider telekomunikasi apapun yang anda inginkan, mau tidak mau anda harus menyiapkan dana yang lebih besar untuk bisa meminang satu buah iPhone factory unlocked baik yang dalam kondisi bekas maupun baru.

Baca juga :

Penutup

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah anda lebih memilih menggunakan IPhone versi factory unlock atau yang versi software unlock setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya?

Semoga bermanfaat ya.


ENJOY!

Berikan rating konten :


Leave a Comment