7 Hero Terkuat Mobile Legends Season 13 (Selalu Update)

4.93/5 (15)

Inilah 7 Hero Terkuat Mobile Legends Season 12 untuk Ranked Mode – Halo sobat vNoss. Mobile Legends, siapa sih yang nggak kenal game satu ini? Game yang telah terunduh lebih dari 100.000.000 kali di playstore ini menjadi fenomena tersendiri di kalangan pencinta game.

hero terkuat mobile legends

Gameplaynya yang sangat menarik, pilihan hero yang banyak, spesifikasi minimal untuk bermain yang tidak terlalu tinggi, ditambah strategi iklan jor-joran Moonton (developer Mobile Legends) menurut kami menjadi alasan utama mengapa game ini sangat diminati banyak sekali gamers, entah itu anak-anak,  pemuda, bahkan tak sedikit golongan tua yang bermain.

Seperti yang kami sebutkan di atas, Mobile Legends menyediakan puluhan hero yang dapat dipilih untuk digunakan dalam pertandingan Classic, Ranked, Brawl, maupun mode Custom yang ada di dalam game. Hal tersebut tentunya sangat menarik.


Secara umum sebenarnya semua hero di Mobile Legends memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, sudah seperti menjadi kesepakatan bersama, bahwa ada beberapa hero yang sangat kuat, atau para player biasa menyebutnya dengan over power (OP).

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menulis dan menjelaskan mengenai 5 hero terkuat untuk ranked di Mobile Legends di tahun 2019 ini menurut vNoss. (FYI, admin vNoss merupakan player Mobile Legends sejak season 2 lho :D)

Baca juga : Template Postingan Instagram Keren seperti Pesan WA

Daftar Hero Terkuat Mobile Legends di Season 13

Ohya, perlu diketahui, definisi ‘terkuat’ menurut kami bukan selalu berarti paling besar damagenya ya, sobat. Kuat versi kami lebih menjurus ke ‘hero tersebut memiliki skill atau kemampuan yang sangat berguna bagi tim”. Jadi, gampangnya, hero-hero di bawah ini adalah hero yang sangat bermanfaat bagi tim, utamanya saat Ranked mode.

Yap, bisa dikatakan hero-hero di bawah ini adalah hero terkuat di ranked mode Mobile Legends. Apa saja?

#1. Esmeralda

hero terkuat mobile legends - esmeralda

Ia adalah hero tank-mage di Mobile Legends yang menjengkelkan dan memiliki damage tinggi. Ia bisa dibuild sebagai hero tukang damage ataupun sebagai tank sejati, dan asyiknya, keduanya sama-sama luar biasa.

Esmeralda bisa menyedot shield yang dimiliki oleh hero musuh seperti Akai, Harith, Hilda, Johnson, Claude, Akai, Leomord, dsb. Esmeralda juga memiliki kemampuan regen HP yang sangat tinggi.

Sobat bisa memaksimalkan potensi HP regen pada Esmeralda dengan menggunakan item Oracle, item ini memberikan efek regen HP dan shield sebesar 25%. Bayangkan saja, base regen HP dan kemampuan menyedot shield Esmeralda sudah besar, apalagi jika ditambah dengan penggunaan item Oracle. Silakan sobat buktikan sendiri di game, ya.

Kelebihan Utama Esmeralda :

  • Darah tebal, Damage besar
  • Anti-nya hero ber-shield
  • Regen HP luar biasa
  • Cooldown skill-skillnya relatif cepat. Bisa digunakan untuk spam skill.

#2. Diggie

hero terkuat mobile legends - diggie

Diggie adalah tandem dan rekan yang sangat bermanfaat untuk hero-hero fighter, assassin, marksman (MM), mage, dan tank di dalam tim. Lah, semuanya dong? Iya, namanya juga hero support 😀 Skill-skill pada hero Diggie sangat bermanfaat bagi rekan setim.


Skill-skill Diggie yang sangat bermanfaat inilah yang menjadi alasan mengapa kami memasukkan Diggie dalam daftar hero terbaik Mobile Legends tahun 2019 ini.

Time bomb, skill pertama Diggie, adalah salah satu skill yang paling saya benci disamping skill kedua Nana (molina smooch). Skill satu Diggie tersebut memiliki damage yang sangat-sangat-sangat besar di awal game.

Bila diperhatikan, sering player-player pro menggunakan Diggie sejak awal untuk merusuh ke buff milik musuh, dan tak jarang hal tersebut sangat efektif. Kalaupun tidak mendapatkan buff musuh, minimal ada hero musuh yang mati atau sekarat akibat spam skill time bomb-nya tersebut.

Satu yang tak kalah penting dari Diggie adalah skill ultinya. Ia bisa menyelamatkan rekan tim dari bahaya. Di sisi lain, skill ulti Diggie bisa juga digunakan sebagai supporting system war tim. Efek anti crowd control (CC) pada seluruh rekan tim membuat Alucard, Martis, Esmeralda, dan semua hero tim bebas ‘menari-nari’ untuk menyerang musuh.

Kunci Kelebihan dan Kekuatan Diggie :

  • Skill satunya (time bomb) memiliki damage yang sangat besar di awal game. Bisa juga digunakan untuk nyepam skill.
  • Ulti Diggie adalah surga bagi rekan tim. Bisa digunakan untuk menyerang maupun kabur dari sergapan musuh.
  • Base HP cukup tebal (Dibandingkan dengan hero support lain seperti Nana dan Angela)
  • Skill pasifnya bisa digunakan untuk memata-matai lokasi hero musuh dan mengganggunya agar tidak bisa recall.

#3. Guinevere

hero terkuat mobile legends - guinevere

Sudah menjadi rahasia umum, salah satu hal yang paling menyebalkan dari Guinevere adalah skill ultinya. Efek CC yang dimunculkan dari skill ulti Guinevere adalah area. Jadi, semua hero yang ada di area ulti Guinevere bisa ter knock up hingga maksimal 6x.

Tidak seperti saber yang hanya meng-knock up satu hero, Guinevere bisa banyak. Selain ultinya yang seram tersebut, kelincahan dari hero ini juga menjadi kunci kelebihannya. Dengan skill-skill yang dimilikinya, ia memungkinkan kabur dengan sangat cepat.


Lihat juga : Mengatasi Google Play Store Error

Kunci Kekuatan Guinevere :

  • Bisa kabur dengan cepat
  • Skill ulti sangat mengerikan. Ia bisa memberikan efek crowd control berupa knock up kepada semua hero yang ada di area ulti-nya.
  • Basic damage besar.

#4. Kaja

hero terkuat mobile legends - kaja

Sejak di-revamp menjadi hero fighter, Kaja memiliki potensi damage yang sangat besar. Kaja bisa menjadi hero fighter-support pembunuh bak assassin bagi lawannya. Skill satunya memiliki cooldown yang menurut kami cepat.

Skill dua-nya memungkinkan Kaja bisa mengejar musuh ataupun kabur secara efektif. Skill ulti Kaja memungkinkannya me-lock musuh dan menariknya ke tempatnya berada. Sangat bagus untuk memulai war. Damage besar, ada skill dash, dan ulti efektif sekali untuk open war ataupun menculik musuh. Kurang apa lagi?

Kelebihan Kaja :

  • Base magic damage besar. Gunakan item dan emblem yang benar untuk mengeluarkan semua potensi damagenya.
  • Ada skill dash untuk kabur ataupun mengejar musuh.
  • Skill ulti sangat berguna untuk open war atau menculik musuh.

#5. Khufra

hero terkuat mobile legends - khufra

Khufra adalah hero tank dengan damage dan kemampuan crowd control yang sangat baik. Ia adalah inisiator war dan penculik yang sangat baik di dalam game. Khufra jug amerupakan anti hero-hero licin seperti Fanny atau Gusion.


Skill dua Khufra (bouncing ball) juga sangat efektif untuk kabur ataupun mengejar musuh. Pasalnya, dalam mode bouncing ball, physical dan magical defense Khufra meningkat dari 75% hingga 100% sesuai dengan level skillnya. Pun, skill dua ini dapat menghentikan skill dash yang dilakukan oleh musuh. Menyebalkan sekali bukan?

Kelebihan Kaja Dibanding hero Lain :

  • Salah satu hero inisiator terbaik di Mobile Legends.
  • Base damage cukup besar
  • Defense sangat tinggi saat mode bouncing ball (skill dua).
  • Kemampuan crowd control sangat baik
  • Anti dari hero licin seperti Fanny, Gusion, & Harith

#6. Harith

hero terkuat mobile legends - harith

Kalau dalam bahasa admin, Harith itu mage rasa fighter. Mengapa demikian? Skill chrono dash-nya itu loh, membuat Harith jadi tebaaal sekali. Nggak mati-mati. Apalagi kalau player yang menggunakan Harith bisa memanfaatkan kelincahannya. Dijamin, hero seperti Kimmy dan Lapu-Lapu susah untuk nge-lock dia. Sejak awal game, Harith bisa Anda gunakan untuk merusuh.

Jangan sia-siakan potensi hero ini dengan menjadi user Harith yang pasif (hanya farming). Ganggulah musuh sedari awal. Curi buff musuh dengan bantuan tank bila memungkinkan.

Skill Harith bisa menghasilkan serangan critical yang damagenya sangat besar, loh. Jadi wajar saja bila banyak user Harith yang menggunakan Berseker’s Fury atau Holy Crystal di dalam game untuk memaksimalkan potensinya tersebut. Bisa dikatakan, Harith adalah salah satu hero paling sakit di Mobile Legends saat ini.

Kelebihan dan Kekuatan Harith :

  • Damage besar sejak awal game.
  • Sangat lincah. Skill chrono dash memiliki efek pasif shield sementara yang sangat berguna saat war.
  • Damage critical sangat tinggi.
  • Ulti-nya.. No skill cooldown-cooldown club. Walaupun sudah di-nerf dengan dihilangkan efek stun ke musuhnya, skill ulti Harith tetaplah sangat berguna. Ia membuat seakan-akan skill Harith tanpa delay. Apalagi jika Anda mendapatkan buff dari monster jungle.

#7. Kimmy

hero terkuat mobile legends - kimmy

Kimmy adalah hero di Mobile Legends yang menurut kami sangat unik. Dia tidak bisa melakukan basic attack ke arah musuh secara otomatis seperti hero-hero yang lain. User Kimmy harus mengarahkan tembakannya secara manual. Inilah unik dan tantangannya. Namun, dibalik unik dan agak ribetnya tersebut, ia memiliki kelebihan yang luar biasa.

Kimmy adalah hero di Mobile Legends yang memiliki attack speed tercepat. Tak heran, damage per second (DPS), atau damage yang dihasilkan tiap detik oleh hero Kimmy sangat besar. Salah satu yang terbesar di game Mobile Legends. Ya, Kimmy adalah salah satu hero paling sakit damagenya di Mobile Legends tahun 2019 ini.

Farmingnya pun sangat mudah dan cepat. Jangan kaget bila dalam game Kimmy gampang sekali fat atau gemuk (istilah untuk menyebut player yang gold-nya di atas rata-rata player lain dalam sebuah match)

Kunci Kekuatan Kimmy :

  • DPS sangat besar. (Gunakan build MM/Assassin, jangan build Mage)
  • Gampang farming -> Mudah cari gold -> Cepat beli item.
  • Ada skill dash untuk kabur.

Kesimpulan Daftar Hero Terbaik Mobile Legends 2019

Kami kira itulah opini vNoss mengenai hero terkuat Mobile Legends di Season 13 ini.

Sebenarnya disamping 7 hero di atas masih ada beberapa hero yang menurut kami cukup over power juga, seperti Gusion, Harley, Lunox, Chou, Grock, Minotaur, dan Granger. Namun, menurut kami tujuh hero di atas adalah yang paling over power diantara hero-hero lain yang ada di Mobile Legends saat ini, bukan berarti yang lainnya tidak bagus, ya.

Yang perlu diingat juga, hero Mobile Legends over power (OP) yang kami tuliskan di sini pastilah menjadi langganan di-banned saat mode Ranked di tier Epic ke atas. Maka, jika ada dari 7 hero OP Mobile Legends di atas ini lolos banned, hampir dapat dipastikan hero tersebut menjadi rebutan diantara dua tim yang bertanding.

Akhir kata, ada pepatah yang mengatakan, “There is man behind the gun“. Kami setuju sekali dengan pernyataan tersebut. Sebenarnya semua hero di Mobile Legends memiliki potensi kelebihan dan kekuatannya masing-masing.

Yang lebih penting dari sekadar menggunakan atau mem-pick hero over power adalah kemampuan kita untuk menggunakan hero tersebut. Jadi, jangan memaksa untuk menggunakannya, jika sobat belum menguasainya, ya. Berlatihlah terlebih dahulu.


Semoga bermanfaat.

Berikan rating konten :

1 thought on “7 Hero Terkuat Mobile Legends Season 13 (Selalu Update)”

Leave a Comment