Cara Mengecek IMEI iPhone Asli & Valid

5/5 (7)

iPhone adalah salah satu produk Apple yang bisa dikatakan sebagai salah satu smartphone paling diidam-idamkan oleh banyak orang, khususnya di Indonesia.

cara cek IMEI iphone asli atau tidak
Cek IMEI iPhone

Selain karena prestisius, iPhone juga dibekali dengan hardware dan juga sistem operasi yang bisa memberikan performa terbaik.

Karena alasan tersebut, maka tidak heran jika banyak orang yang rela membeli iPhone kondisi second atau bekas untuk bisa merasakan performanya.

Apakah anda juga tertarik untuk membeli iPhone bekas? Bagi anda yang mau membeli iPhone bekas, ada baiknya anda pelajari dulu cara mengecek IMEI iPhone.


Lalu bagaimana cara cek IMEI iPhone? Anda bisa pelajari berbagai macam cara untuk cek IMEI ataupun MEID iPhone di dalam artikel ini.

Baca juga : Desain undangan pernikahan unik minimalis

Kenapa Anda Perlu Tau Cara Cek IMEI Sebelum Membeli iPhone Bekas / Second?

Sebelum membahas lebih lengkap mengenai bagaimana cara cek IMEI iPhone, anda perlu tau terlebih dahulu kenapa anda harus tau cara untuk cek IMEI ataupun MEID IPhone ketika mau membeli yang kondisinya second ataupun bekas.

Berikut ini adalah beberapa alasannya kenapa cara cek IMEI IPhone adalah hal yang harus anda ketahui sebelum membeli IPhone:

#1 – Untuk memudahkan anda dalam memastikan keaslian iPhone bekas yang mau anda beli

Jika anda mau tau apakah sebuah IPhone benar-benar sebuah IPhone asli dari Apple, ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Salah satu cara cek keaslian IPhone adalah dengan cek IMEI atau MEID. Jika IMEI yang tertulis valid, berarti kemungkinan besar IPhone tersebut adalah IPhone asli.

Namun selain itu, masih ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa sebuah IPhone memang 100% asli. Anda bisa baca lebih lanjut hal tersebut di artikel cek keaslian IPhone.

#2 – Untuk mengetahui apakah iPhone yang mau anda beli adalah iPhone asli atau tidak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali orang yang berminat menjadi pemilik IPhone.

Oleh sebab itu, banyak orang juga yang memanfaatkan hal tersebut. Saat ini, tidak sedikit jumlah IPhone asli namun kondisinya tidak resmi di pasaran.

Jika anda sampai membeli IPhone asli yang tidak resmi tersebut, anda sendiri yang akan rugi karena anda tidak mendapatkan garansi resmi.

Salah satu cara untuk bisa mengetahui resmi tidaknya iPhone bekas ataupun second yang mau anda beli adalah dengan cara cek IMEI IPhone tersebut di situs resmi Apple.

#3 – Untuk mengetahui apakah iPhone yang mau anda beli masih dalam masa garansi atau tidak

Selain bisa memastikan resmi tidaknya IPhone bekas yang mau anda beli, dengan mengetahui cara cek IMEI iPhone, anda juga bisa dengan mudah mengetahui apakah IPhone bekas yang mau anda beli masih dalam masa garansi.


Perlu anda ketahui, banyak sekali penjual smartphone bekas nakal yang memberikan informasi bahwa IPhone bekas yang dijualnya masih bisa digaransikan. Oleh sebab itu, mereka mematok harga yang jauh lebih mahal.

Untuk memastikan apakah yang mereka katakan mengenai garansi tersebut benar, anda hanya perlu cek IMEInya di situs resmi Apple. Dari situs tersebut, anda sudah bisa melihat langsung semua informasi iPhone bekas yang mau anda beli mulai dari tanggal pembelian, hingga masa garansi resminya.

Baca juga : Menonaktifkan akun instagram

4 Cara Cek IMEI iPhone Asli yang Sangat Mudah

Setelah membaca apa saja alasan kenapa anda harus tau cara cek IMEI IPhone, tentunya banyak dari anda yang berencana untuk membeli IPhone bekas mau tau bukan bagaimana caranya untuk cek IMEI atau MEID IPhone itu?

Ada 4 cara cek IMEI iPhone yang bisa anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah 4 cara cek IMEI atau MEID dari IPhone:

#1 – Dari menu About di dalam pengaturan iOS IPhone

Cara Mengecek IMEI iPhone Asli & Valid 1
Img via : Apple.com

Cara cek IMEI iPhone asli pertama yang sangat mudah adalah dari menu About di dalam Pengaturan iPhone.

Untuk melakukan pengecekan IMEI atau MEID iPhone, langkahnya sebagai berikut :

  • Hidupkan terlebih dahulu iPhone yang mau anda cek.
  • Setelah itu, masuk kedalam menu Setting atau Pengaturan.
  • Pilih menu Umum atau General.
  • Setelah itu, pilih menu About atau Mengenai.

Anda bisa cek secara langsung beberapa informasi penting di dalam menu tersebut seperti jenis perangkat, versi perangkat lunak yang digunakan, nama model, nomor model, dan juga nomor seri (IMEI atau MEID) perangkat anda.


#2 – Dari back cover iPhone

Cara Mengecek IMEI iPhone Asli & Valid 2
Img via : Lelong.my

Selain dari menu About di dalam sistem iPhone, anda juga bisa cek langsung IMEI ataupun MEID pada back cover di versi IPhone tertentu.

Beberapa versi iPhone yang menyertakan informasi IMEI ataupun MEID di back cover adalah seperti:

  • iPhone 5
  • iPhone 5C
  • iPhone 5S
  • iPhone SE
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus

Jadi jika anda berencana untuk membeli IPhone bekas versi tersebut, anda tidak perlu repot-repot membuka menu Pengaturan atau Setting. Cukup cek langsung IMEI di back cover saja.

#3 – Dari SIM Card Tray

Jika anda coba cek back cover IPhone namun tidak menemukan IMEI atapun MEID, jangan khawatir. Kemungkinan besar yang anda cek adalah IPhone versi 6 Plus keatas.

Untuk IPhone versi 6 Plus keatas, cara cek IMEI IPhonenya bisa melalui SIM Card tray. Cabut SIM Card tray menggunakan SIM Card tray ejector.

IMEI ataupun MEID bisa anda temukan terukir di SIM Card tray pada versi iPhone berikut ini :

  • IPhone 6S dan 6S Plus
  • IPhone 7 dan 7 Plus
  • IPhone 8 dan 8 Plus
  • IPhone X
  • IPhone XR, XS, dan XS Max

Selain itu, Apple juga mengukir IMEI ataupun MEID di SIM Card tray di versi IPhone lama berikut ini:

  • IPhone 3G
  • IPhone 3GS
  • IPhone 4
  • IPhone 4S

Jadi jika anda tidak menemukan IMEI atau MEID di back cover, langsung saja buka SIM Card tray untuk cek IMEI atau MEID iPhone bekas yang mau anda beli.


#4 – Dari aplikasi iTunes

Cara Mengecek IMEI iPhone Asli & Valid 3

img via : imobie.comCara mengecek IMEI iPhone asli yang terakhir adalah melalui aplikasi iTunes yang anda pasang di komputer ataupun laptop.

Bagaimana cara cek IMEI iPhone dengan iTunes?

Mudah sekali.

Jika anda sudah memasang aplikasi iTunes di komputer ataupun laptop, anda hanya perlu menghubungkan iPhone ke komputer atau laptop menggunakan kabel data.

Secara otomatis, aplikasi iTunes akan terbuka setelah anda menghubungkan iPhone ke komputer ataupun laptop. Dari aplikasi iTunes, anda bisa cek berapa IMEI atau MEID IPhone tersebut.

Selain itu Anda juga mendapatkan informasi penting dari HP iPhone yang Anda sambungkan.

Manakah cara cek IMEI iPhone yang paling valid?

Dari 4 macam cara cek IMEI iPhone di atas, yang paling valid dan paling sulit untuk dicurangi & dimanipulasi adalah dengan menggunakan aplikasi iTunes.

Kenapa? Karena aplikasi iTunes akan mendeteksi langsung perangkat Apple yang terkoneksi dengan aplikasi tersebut.

Oleh sebab itu, aplikasi iTunes tidak hanya bisa digunakan sebagai cara cek IMEI iPhone paling valid saja namun juga untuk cek keaslian iPhone.

Keterangan warna iPhone juga terpampang di iTunes. Jika Anda mendapati iPhone Anda berbeda warna bahkan seri, maka patut Anda waspada.

Kemungkinan iPhone yang Anda miliki tidak asli ataupun kondisinya refurbished.


Akhir kata.

Silakan sampaikan opini Anda di kolom komentar. Semoga tulisan kami bermanfaat ya.

Berikan rating konten :

Leave a Comment