Cara Merekam Layar PC

5/5 (11)

Ingin merekam gameplay bermain game? Bingung mencari aplikasi perekam layar PC gratis yang punya fitur Bagus? Cek cara merekam dan rekomendasi 5 aplikasi perekam layar pc gratis di sini.

cara merekam layar pc windows 10
Merekam Layar Windows 7, 8, 10

Anda tertarik untuk menjadi Youtube khususnya Youtuber gaming yang menyajikan konten-konten video tipe lets play? Bagi anda yang tertarik untuk membangun channel Youtube gaming, tentunya anda perlu merekam layar pc atau laptop anda bukan setiap kali sedang bermain game?

Baca juga : Game Simulator Bus Indonesia di Android

Cara Termudah Merekam Layar PC / Laptop

Proses merekam layar pc atau komputer itu memang sangat mudah, kok. Anda hanya perlu menggunakan aplikasi / software khusus saja. Ada banyak sekali aplikasi perekam layar PC gratis yang bisa anda gunakan.


Namun sayangnya, tidak semua aplikasi perekam layar komputer yang bisa anda gunakan secara gratis itu benar-benar bisa memberikan kualitas video yang bagus untuk dibagikan di channel Youtube anda.

Jika anda mau kualitas video yang anda bagikan di channel Youtube anda benar-benar berkualitas, maka anda juga harus menggunakan aplikasi perekam layar pc terbaik yang punya banyak fitur menarik.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bahas hal tersebut.

Lalu apa saja pilihan aplikasi perekam layar komputer yang cocok digunakan untuk Youtube gaming pemula seperti anda? Simak pembahasannya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Bagi anda yang baru mau mulai membangun channel Youtube dengan tema gaming, tentunya anda butuh aplikasi khusus untuk merekam layar pc atau komputer bukan setiap kali anda bermain game?

Sebagai pemula, tentunya anda juga tidak mau bukan merogoh kocek untuk membeli aplikasi berlisensi hanya untuk merekam layar komputer anda saja?

Jika anda belum mau berinvestasi dalam membeli aplikasi berlisensi, tidak masalah. Kenapa? Karena masih ada banyak sekali aplikasi perekam layar komputer yang bisa anda gunakan secara gratis.

Yang lebih menarik lagi, aplikasi perekam layar PC gratis tersebut juga tidak kalah berkualitas. Ada banyak sekali fitur-fitur menarik yang bisa anda gunakan meskipun apikasi perekam layar PC tersebut termasuk aplikasi gratisan.

5 Aplikasi Untuk Merekam Layar PC / Laptop Gratis

Berikut ini adalah 5 pilihan aplikasi gratis dengan fitur mentereng yang bisa anda gunakan untuk merekam layar pc ataupun laptop anda:

  1. Bandicam Screen Recorder

Aplikasi merekam layar pc
Img via : Softonic

Bandicam Screen Recorder adalah aplikasi gratis pertama yang bisa anda gunakan untuk merekam monitor PC atau komputer anda ketika anda bermain game.

Selain bisa digunakan secara gratis selamanya, aplikasi ini juga punya beberapa kelebihan lain seperti:

  • Sudah mendukung output AVI dan MP4.
  • Memiliki fitur perekamanan layar penuh atau full screen dan area layar tertentu yang mau anda highlight.
  • Sudah dilengkapi dengan fitur khusus untuk gaming recording.
  • Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur live drawing dimana membuat anda bisa menggambarkan apapun di layar monitor selama anda merekam layar.

Sebagai tambahan, aplikasi ini tidak hanya bisa merekam tampilan layar saja, aplikasi ini juga sudah mendukung perekamanan suara real time. Jadi anda sudah tidak perlu repot-repot mengisi suara setelah selesai merekam.


  1. Open Broadcaster Software

Merekam layar pc untuk livestreaming
Img via : Techadvisor.co.uk

Jika Bandicam Screen Recording terlalu berat untuk dipasang di komputer atau PC anda. Maka anda bisa mencoba merekam layar PC atau komputer anda dengan menggunakan aplikasi Open Broadcaster Software yang juga lebih dikenal dengan sebutan OBS.

Tidak seperti Bandicam, OBS ini lebih ringan. Namun meskipun lebih ringan, aplikasi perekam layar komputer ini masih punya banyak kelebihan seperti:

  • Aplikasi bersifat open source sehingga bisa digunakan di berbagai sistem operasi.
  • Output video yang dihasilkan berformat FLV dan MP4.
  • Mendukung perekaman menggunakan webcam internal maupun eksternal.
  • Dilengkapi dengan fitur filter sehingga anda bisa memasukkan teks dan emoticon di dalam video yang anda rekam.
  • Sudah mendukung perekaman suara menggunakan microphone internal maupun eksternal.
  • Bisa digunakan di windows 7, 8, windows 10, Mac OS, dan Linux.

Yang lebih menarik lagi, aplikasi perekam layar PC ini juga memiliki user interface yang sangat friendly terutama bagi pemula.

Baca juga : Windows 10 restart sendiri? Ini cara mengatasinya

  1. Ezvid Video Maker

cara rekam layar windows 10
Via : Thewindowsclub.com

Jika fitur yang bisa anda dapatkan di aplikasi perekam layar komputer seperti Bandicam Screen Recording dan OBS masih kurang, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi gratis untuk merekam layar PC atau laptop bernama Ezvid Video Maker ini.

Ezvid Video Maker memiliki beberapa fitur luar biasa yang memang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Berikut adalah beberapa fitur yang menjadi kelebihan dari aplikasi satu ini:

  • Fitur pemilihan bagian layar yang mau direkam.
  • Anda bisa dengan mudah menambahkan judul, meta deskripsi, dan kata kunci pada video yang anda rekam. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi anda yang mau menggunakannya untuk mengisi channel Youtube anda.
  • Sudah mendukung fitur voice synthesis yang membuat suara hasil rekaman menjadi semakin jernih.
  • Aplikasi ini juga sudah mendukung proses auto upload ke channel Youtube setelah anda selesai merekam layar pc atau laptop anda.

Ezvideo Video Maker memang merupakan aplikasi untuk merekam layar windows 10, 7, dan 8 di PC maupun laptop yang bisa digunakan secara gratis namun punya fitur premium.

Namun aplikasi ini hanya mendukung perekaman video dengan durasi maksimal 45 menit untuk versi gratisnya.


  1. NVIDIA Shadow Play

merekam layar windows 10
Via : Howtogeek.com

Jika anda memang mau membangun sebuah channel Youtube dengan tema gaming, maka aplikasi untuk merekam layar PC atau komputer yang cocok untuk anda gunakan adalah Shadow Play.

Shadow Play adalah satu aplikasi perekam layar komputer yang dibuat khusus dengan teknologi GPU NVIDIA. Karena dibuat dengan teknologi GPU NVIDIA, jelas aplikasi ini punya banyak kelebihan seperti:

  • Merupakan aplikasi perekam layar PC tipe hardware accelerated sehingga proses perekaman akan semakin cepat ketika spesifikasi PC anda semakin tinggi.
  • Mendukung perekaman video 60 FPS dengan resolusi 4K.
  • Sangat mudah untuk digunakan karena anda hanya perlu menekan satu tombol shortcut saja.
  • Dibuat untuk mendukung proses merekam layar komputer saat bermain game.

Bagi anda yang menggunakan komputer dengan graphic card berteknologi NVIDIA, aplikasi Shadow Play ini jelas mutlak harus anda gunakan untuk semua proses perekaman layar komputer atau PC anda.

  1. Game Bar Windows

merekam layar windows 10
Via : Youtube

Bagi anda pengguna sistem operasi Windows 10 di komputer atau PC, anda sebenarnya sudah tidak perlu repot-repot lagi mencari aplikasi untuk merekam layar ketika sedang bermain game.

Kenapa?

Karena sebenarnya sistem operasi Windows 10 itu sudah dibekali dengan aplikasi perekam layar komputer bawaan yang disebut dengan Game Bar.

Iya, cara merekam layar windows 10 termudah adalah dengan menggunakan gamebar ini.

Lalu apa saja kelebihan dari aplikasi Game Bar bawaan dari Windows 10 tersebut? Berikut adalah beberapa kelebihannya:


  • Praktis karena bisa langsung anda gunakan.
  • Sudah mendukung cross platform bagi anda yang juga mau bermain di console Xbox milik Microsoft.
  • Sangat mudah untuk digunakan karena anda hanya perlu mengaktifkannya dengan menekan kombinasi tombol Windows dengan tombol G di keyboard.
  • Sangat ringan karena memang dibuat dan dioptimasikan khusus untuk sistem operasi Windows 10.

***

Baca juga : Cara cek kuota smartfren

Akhir kata,

Jika disuruh memilih satu dari 5 aplikasi perekam layar komputer gratis yang sudah dibahas di dalam artikel ini, kira-kira aplikasi mana yang akan anda gunakan untuk merekam layar kaptop atau komputer anda pertama kali?

Tulis opini Anda di kolom komentar di bawah ini ya.


Semoga bermanfaat.

Berikan rating konten :

Leave a Comment