Cara Menghidupkan Laptop yang Benar

5/5 (12)

Apa saja merk laptop yang Anda gunakan baik itu Acer, Asus, Apple, Xiaomi, Samsung, Lenovo, Toshiba, MSI, atau laptop apapun, pada dasarnya cara menghidupkan laptop yang benar (utk semua merk tadi) sama.

cara menghidupkan laptop yang benar
Img from : Pexels.com

Bila pada beberapa waktu yang lalu telah kami tuliskan tentang cara mematikan laptop yang benar untuk OS Windows 10, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tulisan tentang cara menghidupkan laptop untuk semua merk yang benar dan sesuai prosedur.

Tulisan ini khusus kami sajikan kepada Anda yang benar-benar pemula menggunakan laptop. Ada kalanya, informasi ini malu dan tabu untuk Anda tanyakan kepada teman, kan? 😀

Langsung saja.


Sebelumnya, Pastikan ini terlebih dahulu.

Sebelum Anda menyalakan laptop, pastikan bahwa baterai laptop Anda benar – benar tidak kosong alias terisi walau tidak penuh, ya.

Jika Anda sudah yakin bahwa baterai telah terisi, silakan lanjutkan membaca tutorial kami di bawah ini.

Cara Menghidupkan Laptop yang Benar

Inilah cara menyalakan laptop yang benar untuk semua merk, tipe, jenis, dan sistem operasi yang Anda gunakan.

#1 – Tekan tombol power ( Hanya satu kali saja!)

Cara Menghidupkan Laptop yang Benar 1
Img via : Keepo.me

Tombol power merupakan satu tombol pada laptop yang fungsi utamanya untuk menyalakan/mematikan laptop Anda. Letaknya, biasanya di pojok kanan atau kiri laptop dekat dengan layar laptop Anda. Pada beberapa laptop, letak tombol power ini berada di bagian tengah.

Temukan tombol power laptop Anda sendiri ya.

Ketika Anda sudah menekan tombol power di body laptop Anda, jangan mengulangi sampai beberapa kali. Cukup Anda tekan tombol power tersebut satu kali saja.

Kemudian Anda harus menunggu sampai lampu (backlight) di bagian tombol power benar – benar menyala sebagai respon bahwa komputer atau laptop Anda berada dalam proses penyalaan. Selama ini, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengguna laptop dalam menyalakan laptop adalah terburu – buru dan tidak sabar. Kemudian mereka menekannya beberapa kali.

Baca juga : Cara mengatasi laptop tidak mau menyala

Pada laptop-laptop yang sudah tua usianya, proses penyalaan laptop atau bisa disebut booting ini bisa memakan waktu yang cukup lama (bisa hingga beberapa menit). Jadi, bersabarlah ya.

#2 – Tunggu proses loading sistem hingga selesai

Cara Menghidupkan Laptop yang Benar 2
Img via : Howtogeek.com

Bila Anda sudah menekan tombol power pada laptop di body laptop, selanjutnya adalah Anda akan masuk di proses loading sistem laptop. Masing – masing laptop tentu saja punya waktu loading yang berbeda – beda dimana hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

Faktor – faktor yang berpengaruh atas proses loading sistem laptop Anda diantaranya jenis sistem operasinya, spesifikasi atau hardware yang digunakan pada laptop itu, program-program yang terinstall, jumlah software yang diproses pada saat start up, gangguan virus, malware, dan sebagainya.

Jangan sampai, karena merasa tidak sabar, kemudian Anda menahan tombol power untuk mematikan secara paksa dan menghidupkannya kembali secara berulang – ulang.


Jika hal tersebut berlangsung terus menerus, bisa – bisa sistem laptop Anda corrupted dan rusak karena hal yang Anda lakukan dengan sengaja tersebut.

#3 – Tunggu sampai sistem benar – benar siap sebelum mulai menggunakan laptop

Jika Anda bertanya kapan laptop benar – benar siap untuk digunakan? Maka, jawabannya adalah Anda harus memperhatikan desktop laptop Anda.

Tanda laptop siap digunakan :

Ketika semua shortcut di bagian desktop laptop Anda sudah tampil dan icon di bagian taskbar (sebelah pojok kanan bawah) telah muncul, inilah menjadi tanda bahwa laptop Anda siap digunakan.


Perhatian untuk Anda yang menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah, sudah lama, atau jadul.

Cara Menghidupkan Laptop yang Benar 3
Laptop-laptop Jadul | via : Consumerreports.org

Biasanya laptop akan memunculkan shortcut secara satu – satu dan waktunya lumayan lama. Pun begitu dengan munculnya icon – icon yang terdapat di pojok kanan bawah task bar, biasanya juga tidak akan muncul sekaligus. Ia muncul satu demi satu.

Jadi sangat dianjurkan untuk Anda menunggu dan bersabar sampai shortcut di desktop dan berbagai icon di pojok kanan bawah taskbar benar – benar muncul semuanya. Walau hal tersebut sedikit memakan waktu Anda, jangan sampai Anda main klik sana – sini dulu.

Perlakuan tersebut bukanlah cara mengaktifkan laptop yang benar. Dan, jika Anda memaksa melakukannya dalam keadaan sistem belum siap secara keseluruhan, maka hal ini justru akan memperlambat proses dan membuat kinerja sistem laptop jadi tersendat – sendat.

Akhirnya? Anda harus menunggu lebih lama hingga laptop benar-benar siap digunakan.


Jadi, jangan asal klik sana-sini ya. Bersabarlah menunggu sistem terload dengan sempurna.

Lihat juga : Background PPT HD Keren Gratis


Demikian cara menghidupkan laptop yang benar untuk semua merk dan tipe yang bisa kami bagikan. Semoga step by step yang kami tuliskan di atas bermanfaat ya.


Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment