Cara Menghemat Baterai HP

5/5 (10)

Cara Menghemat Baterai HP Android dan iPhone secara Efektif – Salah satu masalah yang sering sekali dikeluhkan oleh pengguna smartphone, baik itu Android ataupun iOS (iPhone dan iPad) adalah daya tahan baterainya yang relatif singkat. Terlebih, bagi mereka yang gemar menggunakan HP nya dalam waktu yang lama.

cara menghemat baterai hp
Cara menghemat baterai HP secara efektif

Bila dicharge penuh, rata-rata daya tahan baterai HP Android dan iPhone yang ada sekarang ini bisa digunakan dari pagi hingga sore/malam, dengan penggunaan normal. Banyak orang yang terbiasa men-charge HP nya dua kali sehari (pagi dan malam). Apakah Anda termasuk yang demikian?

Pada tulisan singkat VNOSS.net kali ini, kami akan membagikan tips dan trik yang biasa kami gunakan untuk menghemat baterai HP secara efektif, baik itu smartphone Android maupun iOS.

Cara mengehemat baterai HP [Android dan iOS] paling efektif

#1 – Matikan Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi

Cara menghemat baterai android dan iphone yang pertama adalah dengan mematikan fitur bluetooth, GPS (location), dan Wi-Fi bila tidak diperlukan.


Jangan salah, Wi-Fi yang senantiasa menyala mengakibatkan sistem di HP Anda selalu melakukan pencarian sinyal hotspot terdekat setiap kurun waktu tertentu. Artinya, ada sekian persen penggunaan baterai HP dialokasikan untuk menyuplai hal tersebut. Begitu juga dengan Bluetooth dan GPS.

Jadi, saran kami untuk menghemat baterai iphone dan android Anda, matikan fitur-fitur yang kami sebutkan di atas.

Baca juga : Background PPT HD

#2 – Matikan fitur Auto Brightness

Cara memperpanjang daya tahan baterai yang kedua adalah dengan mematikan fitur auto brightness. Setelah mematikan fitur ini, atur lah kecerahan layar HP ke tingkat yang paling rendah.

Bila merasa layar terlalu gelap, Anda bisa meningkatkan kecerahan layar dengan mudah melalui status bar HP Anda. Shortcut untuk mengatur tingkat kecerahan layar ini bisa ditambahkan, kok.

Hanya dengan mematikan auto brightness dan mengatur kecerahan layar ke tingkat yang rendah, Anda bisa menghemat baterai dengan sangat signifikan.

Baca juga : Melacak HP hilang 

#3 – Setting waktu Screen Timeout jangan terlalu lama

Cara sederhana namun sangat efektif untuk menghemat baterai hp Anda adalah dengan menyetting waktu screen timeout se-singkat mungkin. Saran kami, aturlah tidak lebih dari 30 detik. Lebih pendek lebih baik.

Hal ini mungkin bisa Anda kecualikan ketika sedang membaca PDF di HP. Membaca dokumen ataupun PDF tentunya membutuhkan waktu screen timeout yang lama, kan? 🙂

#4 – Gunakan mode Power Saving / Daya Rendah

Cara Menghemat Baterai HP 1
Via : Pexels.com

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai HP adalah dengan mengaktifkan mode Power Saving pada Android, atau mode Daya Rendah pada iPhone.

Apple dan Google sebenarnya telah menyediakan fitur bawaan di smartphone yang mereka buat untuk mengoptimalkan daya tahan baterai. Anda bisa mengaktifkan fitur ini di HP yang Anda punya.

#5 – Matikan live wallpaper & widget tidak fungsional

Satu hal yang membuat baterai boros namun tidak banyak disadari para pengguna smartphone, khususnya Android adalah penggunaan live wallpaper dan widget yang berlebihan. Ya, dua hal di atas cukup memakan resource baterai.


Saran kami, bila tidak terlalu diperlukan, matikan live wallpaper dan hapus widget-widget Anda yang berlebihan. Sisakan widget dari aplikasi yang sering Anda gunakan. Hal tersebut akan menghemat baterai HP Anda beberapa persen.

#6 – Tutup Background App

Setelah selesai menggunakan HP Anda, biasakan untuk selalu menutup semua background app. Setelah Anda memencet tombol close aplikasi, sebenarnya aplikasi yang baru saja Anda gunakan tersebut masih berjalan di background system.

Oleh sebab itu, demi keawetan baterai hp Anda, selalu tutup atau clear semua background app yang sedang aktif ya. Android maupun iOS menyediakan fitur ini, kok.

Baca juga : Aplikasi edit foto terbaik di iOS

#7 – Aktifkan Airplane Mode

Cara Menghemat Baterai HP 2
Via : Pexels.com

Cara sederhana namun sangat efektif untuk menghemat baterai iphone dan android dari kami yang terakhir adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Gunakan mode ini ketika baterai benar-benar kritis namun dalam beberapa waktu kedepan Anda perlu menggunakan HP.

Airplane mode atau biasa disebut mode pesawat akan menonaktifkan segala kemampuan selular dan wifi HP. Akibatnya, Anda tidak akan bisa sms, telepon, maupun berinternet selama airplane mode. Matikan airplane mode ketika Anda merasa memerlukan kembali segala fitur komunikasi HP Anda.

NOTE :

Smartphone memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Kemampuan daya tahannya pun berbeda-beda. Cara di atas hanyalah upaya untuk memaksimalkan daya tahan baterai HP yang bisa kita lakukan. Hasil dari penerapan tips di atas bisa berbeda-beda antara satu HP dengan HP yang lain.


Akhir kata,

Dengan hanya melakukan 7 hal di atas, Anda bisa menghemat baterai HP Anda tanpa perlu melakukan hal neko-neko lagi seperti menginstall aplikasi, setting-setting, dll 🙂


Semoga bermanfaat, ya.

Berikan rating konten :

Leave a Comment