Cara Mendapatkan Teman dan Disukai Banyak Orang

5/5 (6)

Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Teman – Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, dunia serasa tak ada batas lagi. Dalam hitungan sepersekian detik, kita bisa menyapa dan berkomunikasi dengan orang lain yang berada di kota bahkan negara manapun di dunia.

cara mendapatkan banyak teman
Sumber : Pexels.com

Namun, tak selamanya hal tersebut berdampak positif. Tak jarang orang mengeluh susah mendapatkan teman yang benar-benar teman di zaman sekarang.

Seperti yang banyak diucapkan orang, internet datang mendekatkan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat. Slogannya, kalau bisa lewat chat, ngapain harus ketemu?  Akhirnya, kehidupan sosial bermasyarakat dari anak-anak muda di zaman modern ini sedikit banyak bermasalah.

Berawal dari hal tersebut saya tertarik untuk menulis mengenai cara mendapatkan teman dan mempertahankannya di era sosial media seperti sekarang ini.


#1. Tertarik pada Orang Lain

Cara mendapatkan teman banyak yang pertama adalah berusahalah tertarik pada orang lain, jangan sebaliknya. Perlu diingat, lawan bicara kita itu seratus kali lebih tertarik pada diri mereka sendiri, masalah mereka, dan keingin mereka, daripada kita dan masalah-masalah kita. Itu kata Dale Carnegie.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan teman sejati, sapalah orang lain dengan semangat dan antusias. Gambarkan kepada mereka bahwa kita ini begitu bahagia bertemu dan berbicara dengan mereka.

Dorong orang lain agar banyak bercerita tentang diri mereka, hobinya, pekerjaannya, kehidupannya, pendapatnya, dan sebagainya. Ada satu rahasia dari Dale Carnegie agar kita bisa mendapatkan teman dengan super cepat. Yaitu dengan kita mempertimbangkan pendapat orang lain dan membuat orang lain merasa penting.

#2. Berempati

Cara agar disukai banyak teman yang kedua adalah dengan berempati. Berempati berarti Anda berusaha menempatkan atau memposisikan diri sebagai orang lain. Anda tidak hanya mendengar, upayakan agar anda merasakan saat orang lain mengatakan. Siapa yang tidak suka jika ada orang yang berempati pada masalah-masalahnya?

Berempati bukan berarti Anda harus tau segala permasalahan orang lain secara super detail, kok. Bila kita terlalu kepo, kadang orang merasa risih kepada kita. Cukup coba rasakan apa yang ia rasakan. Dengar dengan seksama apa yang dia katakan, bukan menginterogasinya.

Jika Anda terbiasa berempati dengan orang lain, makan orang lain pun mudah tertarik dengan Anda. Ya, ini adalah cara mendapatkan banyak teman yang efektif.

Baca juga : Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Anak Takut Berenang

#3. Ingat Nama Orang Lain

Cara ketiga agar Anda mendapatkan teman banyak adalah dengan mengingat-ingat nama orang lain yang Anda telah berkenalan dengannya. Kalau perlu, catat! Nama adalah suara terindah dalam bahasa manapun.

Langkah pertama dalam mengingat nama adalah dengan mendengarkan secara penuh saat ia memperkenalkan dirinya. Terlebih, saat menyebut namanya. Jika penyebutan namanya kurang jelas, jangan sungkan untuk menanyakan lagi hingga Anda tahu namanya. *nb : jika namanya benar-benar susah untuk didengar, minta dia mengeja namanya.

Setelah tahu namanya, sering-seringlah memanggil orang lain tersebut dengan namanya. Sederhana bukan? Tapi menurut para ahli, ini adalah cara disukai orang yang sangat efektif.

#4. Hindari Mengkritik, Menyalahkan, atau Mengomeli

Rahasia disukai banyak orang selanjutnya adalah : Jangan ringan mengkritik. Satu diantara penyebab utama renggangnya hubungan pertemanan adalah lantaran kritik yang berlebihan.

Mengkritik bukan hanya berarti kita merusak citra diri orang lain, citra kita pun turut menjadi negatif karenanya.


Jika Anda ingin menimbulkan permusuhan yang awet hingga bertahun-tahun, caranya gampang. Puaskan diri Anda dengan mengkritik teman Anda dengan hal kecil yang menyengat. Dan… Everything’s gone wrong.

Baca juga : Daftar Hero OP mobile legends 2019

Sekali lagi. Jangan mengkritik, mengutuk, dan mengeluh. Alih-alih melakukan hal yang tidak berguna tadi, beri dan tawarkanlah dukungan kepada orang lain.

Berikan kepercayaan kepada orang lain bahwa ia bisa melakukan apa yang ia inginkan tersebut. Jangan justru merusak keyakinan orang lain dengan turut beropini negatif.

#5. Fokus pada Kebaikan dan Kekuatan Orang Lain

Tips menjalin pertemanan selanjutnya adalah : Fokuslah pada kekuatan seseorang. Tegaskan kekuatan tersebut dengan komentar Anda yang membangun kepercayaan dirinya.

Biarkan diri Anda menjadi positif vibes bagi orang lain.

#6. Berilah apresiasi yang tulus & jujur

Cara efektif mendapatkan banyak teman baru selanjutnya adalah dengan memperlihatkan apresiasi Anda terhadap apa yang orang lain lakukan. Berikan apresiasi terhadap siapapun yang memberi dampak positif (walau sedikit) pada hidup Anda.

Tak hanya dalam pertemanan, memberikan apresiasi sangat penting pula dalam memimpin dan memotivasi karyawan dalam pekerjaan.


Siapa yang tidak suka diapresiasi? Hehe.

Saya rasa enam hal di atas saja bila dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh, mendapatkan teman baru di dalam pekerjaan ataupun lingkungan sekitar bukanlah hal yang susah. Pada dasarnya, Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk sosial. So, kita perlu berinteraksi dengan orang lain. Jangan hanya asyik dengan diri Anda sendiri.

Kemudian, menjadi disukai oleh banyak orang menurut saya hanyalah akibat. Jangan jadikan hal tersebut sebagai tujuan. Cukup lakukan segalanya yang terbaik, maka yang terbaik pula yang akan menghampiri Anda. Anda berniat menyambung pertemanan dengan tulus, in syaa Allah orang-orang baik pula yang akan menerima Anda sebagai temannya. 🙂

Yuk, menyambung pertemanan.

Semoga tulisan tentang cara mendapatkan teman dan disukai banyak orang ini bermanfaat ya.


Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment