Tutorial Membuat Postingan di IG ala Pesan WhatsApp

4.8/5 (5)

Tutorial Membuat Gambar Postingan Instagram Keren ala Pesan WhatsApp dengan Mudah – Instagram adalah salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Media berbagi gambar satu ini memang menarik.

Template Postingan Instagram Keren ala WhatsApp
Gambar via : Pexels.com

Hadirnya berbagai fitur baru seperti IGTV, fitur-fitur unik pada Instastory, algoritma Discovery yang makin pintar, dan banyak update-an fitur yang lainnya menjadi nilai plus Instagram dibandingkan media sosial yang lainnya.

Tak heran, pengguna instagram bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan gadgetnya sekadar untuk men-scroll timeline ataupun halaman discovery dari akun miliknya.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan kami sajikan tutorial membuat gambar postingan instagram seperti pesan WhatsApp yang mungkin pernah Anda lihat di beberapa akun instagram.


Atau ada diantara pembaca yang belum mengerti maksud kami?

Berikut ini kami berikan beberapa contoh gambar postingan ala WhatsApp di instagram yang kami maksud :

Postingan IG ala Pesan WhatsApp
Contoh Postingan IG ala Pesan WA #1 via akun @20.35.am
Template Postingan IG Keren Corel Draw
Contoh Postingan IG ala Pesan WA #2 via akun @20.35.am
Contoh Postingan IG ala Pesan WhatsApp
Contoh Postingan IG ala Pesan WA #3 via akun @20.35.am

Cukup menarik, bukan? Jenis postingan seperti pesan WhatsApp ini menurut saya sangat cocok diperuntukkan bagi admin akun IG berniche quotes, curhatan, remaja, nasihat, dakwah, dan sejenisnya.

Tools yang kami gunakan untuk membuat postingan Instagram ala WhatsApp ini adalah aplikasi Corel Draw. Mengapa Corel Draw? Karena aplikasi ini menurut kami sudah sangat banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia.

Penggunaannya pun tidak sulit. Tak butuh waktu lama untuk mempelajari menu-menu yang ada di dalam software ini.

Tutorial Membuat Postingan Keren di Instagram Seperti Pesan WA

Langsung saja. Bagaimana cara membuatnya?

1. Download file CDR template gambar di sini. Ohya, pastikan Anda menginstall Corel versi X4 ke atas ya. Saya men-save file CDR ini agar bisa dibuka di Corel versi X4 ke atas.

2. Open file CDR yang telah anda download di atas.

Halaman Kerja Corel Draw
Halaman Kerja Corel Draw

3. Hapus background lama dengan meng-klik area background. Hapus, dengan menekan tombol delete pada keyboard.

4. Masukkan background baru dengan memencet Ctrl + I, pilih gambar sesuai keinginan. Atur posisi dan besar gambar (geser sesuai keinginan).

5. Letakkan backgroud di layer terakhir gambar dengan mengklik gambar kemudian memencet Ctrl + End. Alternatifnya, klik kanan pada background, pilih Order, pilih To Back of Page.

Baca juga : Hero terkuat Mobile Legend 2019


6. Crop backgroud berbentuk square. Atur area crop sesuai dengan resolusi dan layout gambar Anda. Pada template yang saya bagikan, saya menggunakan resolusi gambar 1800×1800. Maka, crop lah background Anda dengan ukuran 1800×1800 juga. Lalu tekan Enter.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Crop Background Corel Draw
Cara Crop Background dan Settingannya

7. Edit konten dengan meng-klik 2x tulisan. Ganti sesuai keinginan. Atur ukuran box background sesuai dengan ukuran konten yang Anda tulis.

8. Gambar Anda selesai dibuat

Sebagai tambahan, untuk memberikan efek grainny pada gambar, Anda bisa menggunakan aplikasi editor gambar di handphone seperti VSCO.

Grainny adalah efek bintik-bintik putih pada gambar yang memberikan kesan dramatis. Menurut saya sangat pas untuk tipe gambar postingan instagram ala WhatsApp ini.

Baca juga : Cara cek nomor Indosat 2019

Mengapa di HP?


Saya terbiasa melakukan retouching gambar final di handphone karena lebih fleksibel dan bisa nyantai ngeditnya. Pengeditan dasar seperti gelap-terang, kontras, ketajaman, dan sebagainya biasa saya lakukan di handphone, sebelum saya upload di akun instagram.

Berikut ini contoh gambar yang telah kami buat setelah melalui proses final editing (grainny, saturasi, dll)

Template Postingan Instagram Keren ala Pesan WhatsApp
Hasil setelah post-processing dengan software editor foto

Tertarik untuk mencobanya? Di kesempatan yang lain saya akan membagikan template postingan instagram keren yang lainnya. Stay tune di blog ini. Hehehe.

Semoga bermanfaat.

Bila ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar ya.


Sekian.

Berikan rating konten :

1 thought on “Tutorial Membuat Postingan di IG ala Pesan WhatsApp”

Leave a Comment