Cara Membedakan iPhone Asli BNIB, Rekondisi, dan Refurbished

5/5 (2)

Perbedaan iPhone Asli dan Rekondisi serta Refurbished [Lengkap] – Cara membedakan iPhone asli yang benar-benar brand new in box dengan yang refurbished ataupun rekondisi itu memang sangat perlu anda ketahui, terutama jika anda punya rencana untuk membeli IPhone.

Cara Membedakan IPhone Asli BNIB, Refurbished, dan Rekondisi (1.095 Kata)

Kenapa anda perlu tau bagaimana caranya membedakan mana IPhone yang benar-benar BNIB dengan yang sudah masuk kategori refurbished ataupun rekondisi? Hal tersebut perlu anda ketahui karena banyak penjual nakal yang mencoba menipu konsumen dengan cara menjual IPhone refurbished ataupun rekondisi dengan harga jual IPhone BNIB.

Jika anda tidak mau tertipu ketika membeli IPhone yang anda kira baru ternyata produk bekas hasil servisan, anda sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk mempelajari bagaimana cara membedakan IPhone asli BNIB dengan IPhone refurbished atau bahkan rekondisi di dalam artikel ini.


Baca juga :

Perbedaan iPhone Refurbished dengan Rekondisi

Sebelum membahas lebih lengkap mengenai bagaimana cara membedakan iPhone asli dan rekondisi, anda perlu tau terlebih dahulu bahwa iPhone refurbished itu berbeda dengan rekondisi.

Meskipun sama-sama merupakan IPhone yang diperbaiki kemudian dijual kembali, IPhone berstatus refurbished itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang rekondisi.

Lalu apa bedanya IPhone dengan status refurbished dan rekondisi itu? Berikut ini adalah beberapa perbedaannya:

  • Siapa yang menangani proses perbaikan iPhonenya

Hal pertama yang membedakan antara IPhone refurbished dengan rekondisi adalah dari segi siapa yang menangani proses perbaikan IPhone tersebut.

IPhone refurbished adalah IPhone yang diperbaiki secara resmi oleh teknisi dari Apple. Sedangkan IPhone rekondisi adalah IPhone rusak yang diperbaiki oleh distributor ataupun hanya tukang servis biasa yang tidak memiliki hubungan kerja dengan Apple sama sekali.

  • Spare part yang digunakan

Selain dari siapa yang menangani, IPhone refurbished dan rekondisi itu bisa dibedakan dari spare part yang digunakan untuk memperbaiki IPhone tersebut.

Pada IPhone refurbished, semua spare part yang digunakan dipastikan 100% adalah spare part original. Sedangkan pada IPhone rekondisi, ada kemungkinan spare part yang digunakan adalah spare part KW.

  • Kualitas perbaikan

Hal terakhir yang akan sangat jelas membedakan antara IPhone refurbished dengan IPhone rekondisi adalah pada kualitas perbaikannya.

Jika anda lihat, IPhone rekondisi dipastikan memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan IPhone refurbished. Kenapa? Karena proses perbaikannya tidak dilakukan dengan SOP yang tepat.

Oleh sebab itu, tidak heran jika IPhone refurbished itu benar-benar terasa seperti IPhone baru jika dibandingkan dengan IPhone rekondisi.

Jika anda sudah paham apa bedanya antara IPhone refurbished dengan IPhone rekondisi, anda bisa mempelajari bagaimana cara membedakan IPhone asli BNIB dengan IPhone refurbished ataupun rekondisi.


Baca juga :

4 Cara Mudah Membedakan Mana IPhone Asli, IPhone Refurbished, dan Rekondisi

Memang benar, banyak sekali penjual yang mencoba menipu konsumen dengan mengatakan bahwa IPhone rekondisi yang dijualnya adalah IPhone BNIB ataupun IPhone refurbished.

Oleh sebab itu, anda perlu tau bagaimana caranya untuk membedakan iPhone original dan rekondisi serta refurbished.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa anda gunakan untuk membedakan antara IPhone asli dengan refurbished dan rekondisi:

  1. Lihat harga jualnya

Cara yang pertama untuk membedakan IPhone yang original, mana yang refurbished, dan mana yang rekondisi adalah dengan melihat pada harga jualnya.

IPhone yang kondisi BNIB atau brand new in box itu dijual dengan harga yang selisihnya tidak terlalu jauh dari harga yang tertera di website resmi Apple.

Lalu untuk IPhone refurbished, biasanya dijual dengan kisaran harga 10% sampai maksimal 25% lebih murah dari harga IPhone BNIB seri yang sama.

Jika harga jual IPhone yang ditawarkan oleh penjual kepada anda terlalu jauh dari harga tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa IPhone yang ditawarkan pada anda tersebut adalah IPhone rekondisi.


  1. Cek IMEI di page garansi Apple

Untuk masalah harga, memang penjual masih bisa dengan mudah mengelabuhi anda. Jika mereka menjual IPhone rekondisi, mereka bisa saja mematok harga sama seperti IPhone BNIB.

Lalu bagaimana jika harga sudah tidak bisa lagi dijadikan sebagai acuan untuk menentukan mana IPhone BNIB, mana IPhone rekondisi, dan refurbished?

Jika anda tidak bisa lagi menggunakan harga, cara membedakan IPhone asli BNIB atau refurbished dan rekondisi selanjutnya adalah dengan cek IMEI iPhone nya.

Yang dimaksud dengan cek IMEI IPhone ini bukan memastikan bahwa IMEInya sesuai. Namun anda cek langsung IMEI IPhone tersebut di page garansi resmi dari Apple.

Jika IMEI IPhone yang mau anda beli belum terdaftar, itu berarti IPhone tersebut benar-benar dalam kondisi brand new in box. Pasalnya, IPhone tersebut belum pernah diregistrasikan di website resmi Apple.

Namun jika IMEI IPhone tersebut sudah terdaftar, maka ada 2 kemungkinan yaitu IPhone tersebut merupakan IPhone refurbished ataupun bisa jadi juga rekondisi.

Lalu bagaimana cara membedakannya? Cara membedakan antara IPhone refurbished dan rekondisi jika dicek garansi resminya dengan IMEI adalah dari masa berlaku garansinya.

Jika IPhone termasuk IPhone refurbished, maka IPhone tersebut masih mendapatkan garansi resmi dari Apple selama 1 tahun. Namun jika IPhone termasuk IPhone rekondisi, biasanya hasil pengecekan garansi menggunakan IMEI akan menunjukkan info bahwa masa garansi IPhone tersebut telah habis atau hanya tersisa sekian bulan.


Selain itu, IPhone rekondisi juga akan menunjukan informasi dimana IPhone tersebut dibeli beserta dengan tanggal pembeliannya.

  1. Dari kemasannya

Cara membedakan IPhone asli BNIB, refurbished ataupun rekondisi yang ketiga adalah dengan melihat pada kemasannya.

Sebuah IPhone yang statusnya benar-benar brand new in box itu pasti memiliki kemasan yang sama seperti yang ada di website resmi Apple.

Khusus untuk IPhone refurbished, kemasannya tetap sama seperti seri IPhone tersebut. Hanya saja, kemasan IPhone refurbished biasanya ditambahkan informasi seperti certified pre-owned di bagian depan kemasan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa IPhone tersebut bukanlah IPhone baru. Pasalnya, IPhone tersebut memang sudah pernah digunakan oleh orang lain dan mengalami kerusakan. Namun kerusakannya sudah diperbaiki dan dicek secara detail oleh teknisi resmi dari Apple.

Lalu untuk IPhone rekondisi, biasanya kemasannya ala kadarnya seperti kemasan IPhone asli. Hanya saja, kualitas kemasannya dipastikan lebih rendah karena memang masuknya adalah barang bekas.

  1. Dari dalam sistemnya

Jika anda bisa menghidupkan IPhone sebelum anda membelinya, maka anda juga bisa cek langsung status dari IPhone tersebut dengan melihat pada sistemnya.

Caranya :

  • Masuk kedalam menu pengaturan atau settings,
  • setelah itu pilih menu general atau umum.
  • Pilih menu about atau mengenai.
  • Perhatikan pada informasi model IPhone.
  • Huruf pertama dari informasi model IPhone tersebut menunjukkan statusnya.

Jika model IPhone diawali dengan huruf M, maka IPhone tersebut adalah IPhone yang brand new in box. Anda hanya perlu cek status garansinya saja di website resmi Apple.

Jika model IPhone diawali dengan huruf F, itu berarti IPhone tersebut adalah IPhone refurbished yang sudah diperbaiki secara resmi oleh teknisi Apple. Sekali lagi, anda perlu cek status garansinya dari website resmi Apple.

Yang terakhir, jika IPhone tersebut menunjukkan huruf N, maka IPhone tersebut adalah IPhone yang diberikan sebagai pengganti IPhone yang rusak.

Baca juga :

Penutup

Jadi bagaimana? Seharusnya setelah tau cara membedakan iPhone asli, refurbished , dan rekondisi, tidak ada satupun penjual yang bisa menipu anda bukan?

Semoga bermanfaat dan..


ENJOY!

Berikan rating konten :

Leave a Comment