Cara Ganti Password Gmail / Google

5/5 (7)

Cara Ganti Password Gmail di Android, iPhone, dan PC. Gmail merupakan salah satu layanan penyedia email gratis terbesar di dunia yang dimiliki Google. Jujur saja, Anda pasti pernah memiliki sebuah akun email google ini kan? 🙂

cara ganti password gmail di hp
Mengganti password Gmail

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan langkah super mudah dan singkat untuk mengganti password gmail Anda langsung di hp android, iphone, komputer, maupun segala perangkat Anda yang bisa terkoneksi dengan internet.

Cara ganti password gmail yang kami akan bagikan ini cukup melalui browser.

Jadi, asalkan perangkat yang Anda punya bisa terhubung dengan internet, maka Anda bisa mengubah password gmail Anda, kok. Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun untuk melakukannya.


Eits, sebelum kita masuk ke pembahasan utamanya, kami paparkan dahulu mengapa Anda perlu mengubah-ubah secara periodik password gmail atau akun google yang Anda punya.

Mengapa Anda harus mengganti password gmail?

  1. Keamanan
  2. Keamanan
  3. Keamanan

Benar. Kami menyebut ‘keamanan’ sebanyak 3 kali. Di luar sana banyak sekali orang-orang yang dengan sengaja mencari celah keamanan pada suatu sistem untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Alangkah baiknya bila Anda selalu melakukan pergantian password akun goole / gmail ini secara periodik.

Apalagi, jika email gmail yang Anda gunakan ini adalah akun email utama Anda untuk keperluan bisnis dan pekerjaan. It’s so important!

Oleh karena itu, tanpa berpanjang lebar lagi langsung saja ya.

Baca juga : Cara Download Dokumen di Scribd.com

Cara ganti password gmail langsung di HP

Berikut langkah singkat yang bisa Anda lakukan untuk mengganti password gmail atau akun google langsung via browser hp iPhone, Android, maupun komputer / PC Anda. :

Cara canti password gmail di iPhone

  • Geser ke kanan menu di bagian atas, pilih tab Keamanan atau Security

Cara ganti password gmail di Android

  • Pada bagian ‘Login ke Google’, klik Sandi
  • Masukkan password atau kata sandi lama gmail Anda
  • Kemudia masukkan kata sandi atau password baru Anda. Ulang menuliskan sekali lagi di bawahnya.
  • Voila! Selesai.

Anda sudah beres mengganti password gmail di HP.


Setelah mengetahui cara ganti password gmail di hp dan komputer, kami akan tambahkan sedikit masukan untuk mengamankan akun gmail yang Anda. Boleh? 🙂

Bagaimana cara mengamankan gmail agar akun tidak bisa dihack?

Sebenarnya tidak akan pernah ada jaminan 100% akun tidak bisa dihack. Namun, Anda bisa memaksimalkan keamanan akun gmail yang Anda miliki dengan beberapa tips di bawah ini :


#1 – Gunakan password yang unik

Pakailah password yang tidak mudah untuk ditebak. Saran kami, gunakan password kombinasi huruf besar (kapital), huruf kecil, spesial karakter (seperti underscore, garis miring, persen, dll), dan angka.

Misal :

  • KotaAnda_123123
  • 999-NamaAnakAnda
  • HobiAnda*2019
  • dsb.

Selalu catat password Anda di buku catatan.

#2 – Aktifkan fitur Gunakan ponsel untuk masuk

Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, setiap kali Anda login gmail menggunkan suatu perangkat baru, Anda harus melakukan konfirmasi menekan ‘Ya‘ di HP Anda.

Hal ini bisa mencegah adanya orang-orang tidak bertanggung jawab yang akan menggunakan akun Anda.

#3 – Gunakan fitur Verifikasi 2 Langkah

Mirip dengan fitur Gunakan ponsel untuk masuk, fitur verifikasi 2 langkah mengharuskan Anda memasukkan kode verifikasi di setiap Anda login gmail dengan perangkat asing.

Baca juga : Cara Cek IMEI iPhone Asli

#4 – Tambahkan telepon pemulihan dan email pemulihan

Setiap kali ada aktivitas mencurigakan atau yang terkait dengan keamanan akun, Anda akan mendapatkan notifikasi dari google yang dikirimkan ke email dan telepon pemulihan.


Jadi, ketika ada orang yang mencoba mereset password Anda, misalkan. Anda segera tahu, dan bisa meng-cancel reset password tersebut dengan cara mengonfirmasi via link di email bahwa itu bukan Anda.

#5 – Jangan pernah memasukkan email dan password Anda di web tidak jelas

Selalu cek address bar browser. Pastikan Anda hanya login gmail atau meng-connect-kan akun gmail Anda ke web-web terpercaya dan telah memiliki authority.

***

Apakah cara mengganti password gmail di atas sudah cukup jelas dan mudah dipahami?

Sampaikan masukan Anda melalui kolom komentar di bawah ini ya.


Semoga bermanfaat.

Berikan rating konten :

Leave a Comment