Cara Cek Plagiarisme

5/5 (9)

Bagi seorang siswa, mahasiswa, content writer, maupun blogger, mendapatkan tulisan yang berkualitas merupakan suatu keharusan sekaligus kebutuhan. Salah satu ciri tulisan yang berkualitas adalah tulisan tersebut masih belum pernah di post di web manapun.

cara cek plagiarisme online gratis
Cek Plagiarisme Online Gratis

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tulisan yang benar – benar berkualitas dan belum pernah di post di web manapun? Tentunya dengan cek plagiat atau plagiarisme nya.

Ada beberapa cara cek plagiarisme yang bisa Anda lakukan untuk benar – benar mencari tahu kualitas dari sebuah tulisan. Mengenai apa saja website yang bisa Anda gunakan untuk mengeceknya, disini kami akan berikan informasi selengkapnya untuk Anda.

Baca juga : Cara download di scribd gratis


Cara Cek Plagiarisme Online dengan Mudah

Untuk cek plagiat online dengan simple, Anda bisa memanfaatkan layanan dari beberapa website cek plagiarisme online terbaik di bawah ini :

#1 – SmallSEOtools Plagiarism Checker

cara cek plagiat online gratis
SmallSEOTools – Plagiarism Checker

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara cek plagiarisme gratis, maka salah satu caranya adalah dengan menggunakan SmallSEOtools.

Aplikasi cek plagiarisme gratis online di dalam web yang satu ini merupakan suatu aplikasi yang banyak digunakan oleh para blogger untuk mencari tahu tingkat plagiarisme dalam suatu postingan.

SmallSEOtools sendiri sebenarnya bisa digunakan dalam bentuk website atau versi mobile. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pengecekan yang cukup akurat dan banyak blogger yang menggunakannya karena gratis dan juga hadir berbagai macam fitur yang cukup lengkap dibaliknya.

Cara cek plagiarisme online gratis dengan SmallSEOTools :

  • Kunjungi : https://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  • Paste-kan teks tulisan yang ingin Anda cek plagiat nya. Opsi keduanya, Anda bisa mengupload dokumen (.tex, .txt, .doc, .docx, .odt, .pdf, atau .rtf ) untuk dicek tingkat plagiatnya. Opsi ketiganya, paste-kan url alamat tulisan yang ingin Anda cek plagiarisme nya.
  • Klik Check plagiarism
  • Tunggu hingga proses pengecekan selesai.
  • Selesai. Terlihat hasil tingkat plagiarisme dari tulisan yang Anda cek.

NOTE :

Dalam sekali pengecekan, SmallSEOTools membatasi jumlah kata maksimal sebanyak 1000 kata. Jika Anda memiliki tulisan dengan panjang kata lebih dari 1000, solusinya bagi menjadi beberapa kali pengecekan.

Baca juga : Cara Mengganti Font di Bio IG

#2 – Copyscape

cara cek plagiat online gratis 1
CopyScape

Aplikasi untuk cek plagiat online yang kedua adalah Copyscape. Aplikasi yang satu ini hadir dalam bentuk website yang Anda bisa gunakan sebagai aplikasi anti plagiarisme. Copyscape memiliki keunggulan dalam mendeteksi plagiat tidaknya suatu tulisan dengan sangat teliti.

Proses pengecekan plagiarisme online versi free dari CopyScape ini bisa digunakan untuk mendeteksi apakah sebuah halaman web atau URL terindikasi plagiat atau tidak.

Nah, untuk bisa menikmati fitur keseluruhan dari CopyScape, Anda diharuskan menggunakan versi berbayar dari aplikasi cek plagiat online satu ini. Namun tenang, tarif menggunakannya tidak terlampau mahal, kok.

#3 – Unicheck

cara cek plagiat online gratis 2
Unicheck

Aplikasi Unicheck merupakan suatu aplikasi cek plagiarisme gratis yang cukup banyak digunakan orang – orang utamanya seorang penulis, dosen, akademisi, sampai dengan seorang editor sekalipun. Ada beberapa kelebihan dibalik Unicheck ini.


Salah satu kelebihan dari Unicheck adalah detail pengecekan dari kata – kata yang sedang dicek.

Aplikasi cek plagiat yang satu ini dapat mencari sumber di internet sampai dengan 40 milyar lebih halaman. Hanya saja, untuk versi yang gratisnya Anda bisa memanfaatkan Unicheck selama kurang lebih 14 hari saja. Selain itu jumlah kata yang dapat dicek sekali waktu pada aplikasi ini kurang lebih sebanyak 200 kata.

Baca juga : Cara Download Video Facebook di Android

#4 – Plagscan

cara cek plagiat online gratis 3
Plagscan

Sama halnya dengan situs plagiarisme yang lain, situs yang satu ini juga dapat digunakan sebagai alat cek plagiat online skripsi atau karya tulis di internet.

Cara cek plagiat gratis menggunakan Plagscan sebagai berikut :

  • Akses https://www.plagscan.com/en/
  • Pertama – tama Anda harus membuat suatu akun lebih dulu
  • Setelah Anda membuat sebuah akun, Anda akan diarahkan pada suatu halaman yang nantinya digunakan untuk melakukan pengecekan sebuah karya tulis.
  • Cara mengecek plagiarisme nya terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian yang pertama yaitu import file. Kedua, copy paste teks dan yang ketiga dari link suatu web. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara tersebut.
  • Kemudian Anda klik check dan tentu sistemnya akan segera memroses tulisannya secara langsung.
  • Jika sudah selesai melakukan proses, nantinya akan muncul hasil laporannya seperti apa. Selanjutnya Anda klik report.
  • Disana akan ditunjukkan suatu tulisan mana saja yang terindikasi dengan plagiat. Jika suatu tulisan memiliki warna merah, maka tulisan tersebut merupakan tulisan plagiat. Sementara jika Anda klik tulisan, Anda akan segera diarahkan untuk menuju pada link website asal plagiatnya.

#5 – Alternatif web cek plagiat online gratis selain di atas.

Selain 4 web cek plagiarisme online di atas, masih ada beberapa website yang menurut kami juga cukup recommended untuk membantu Anda mengecek plagiarisme tulisan. Apa saja?

  • http://plagiarisma.net/
  • http://www.plagscan.com/plagiarism-check/
  • http://www.quetext.com/
  • https://www.plagiarismsoftware.net/
  • http://plagiarismcheckerx.com/

Kelima alternatif di atas ini dapat Anda gunakan untuk cek plagiat online gratis tanpa bayar apapun.

***


Akhir kata,

Demikian bagaimana cara cek plagiarisme gratis dan berbayar yang paling mudah. Anda bisa menjadikan salah satunya sebagai dasar pengecekan untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

Semoga bermanfaat.


 

Berikan rating konten :

Leave a Comment