Jenis dan Karakteristik Beban pada Sistem Tenaga Listrik

5/5 (2)

Jenis dan Karakteristik Beban pada Sistem Tenaga Listrik – Tulisan vNoss kali ini akan membas tentang beban (load) dalam industri dan sistem tenaga listrik secara keseluruhan. Apa saja jenis beban dan karakteristik beban pada sistem tenaga? Simak tulisan singkat & padat kami ini.

beban pada sistem tenaga listrik
Sumber : Pexels.com

Pada sistem tenaga listrik, beban dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Sebagai seorang insinyur (dan calon insinyur) mestinya kita tahu pengetahuan umum ini, ya.

Jenis Beban Pada Sistem Tenaga Listrik

  • Beban Domestic

Mudahnya, beban domestik merupakan beban-beban yang biasa kita temui di rumah. Apa saja? Lampu, peralatan listrik rumah tangga, TV, komputer, AC, heater (penghangat suhu ruangan), dsb. Beban-beban ini umumnya memiliki power factor yang jelek.

  • Beban Commercial

Hampir sama dengan beban domestik, beban commercial kebanyakan terdiri dari lampu penerangan, terminal komputer, AC, neon sign, LCD monitor, dsb. Perbedaan mencolok dengan beban domestik adalah pada jumlah, dan besar daya peralatannya.


Baca juga : Fungsi dan Syarat Relay Proteksi Listrik

Sebagai contoh : Di rumah, mungkin kita hanya perlu AC dengan daya 0,5 atau 1 pk, namun pada beban komersial, kita akan temui AC dengan daya lebih dari 2 pk per-unitnya.

Sebagai tambahan, peralatan-peralatan medis pada rumah sakit merupakan contoh beban pada sistem tenaga listrik yang termasuk beban commercial.

  • Beban Industri

Sistem tenaga pada industri sangat berbeda (dengan beban domestic & commercial) dalam size, kompleksitas, dan sifat bebannya. Pada industri, beban terdiri dari komponen-komponen yang memiliki daya atau kapasitas yang sangat besar (bisa lebih dari 500kVA).

Selanjutnya, kita mesti tau juga tentang karakteristik beban pada sistem tenaga listrik (STL). Apa saja?

Karakteristik Beban pada Sistem Tenaga Listrik

  • MVA konstan

Contoh : motor-motor pada industri berkapasitas besar.

  • Impedansi konstan

Contoh : sebagian besar beban-beban domestic & komersial

  • Arus konstan

Contoh : lampu

Namun, perlu diingat, pada praktiknya pembagian jenis beban seperti di atas tidaklah cukup. Maka, diperlukan pendekatan lain untuk mengelompokkan jenis beban. Pengelompokan jenis beban tersebut antara lain :

  • Berdasarkan model berbasis komponen
  • Model berdasarkan pengukuran (besaran kapasitas beban).

Daftar Pustaka

J.C. Das, Power System Handbook – Volume 2 : Load Flow Optimization and Optimal Power Flow


Berikan rating konten :

Leave a Comment