Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Anak Takut Berenang

5/5 (2)

Cara Mudah dan Efektif Agar Anak Tidak Takut Berenang – Bunda, berenang adalah salah satu kemampuan yang memiliki peran cukup penting bagi manusia. Bisa dikatakan, berenang adalah kemampuan yang seharusnya dipelajari oleh semua orang sejak usia dini.

agar bayi tidak takut berenang
IMG via : Pexels.co.

Mengapa demikian?

Selain menjadi sarana olahraga dan juga bermain, kegiatan berenang ini nantinya juga sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang.

Misal saja (na’udzubillah), ketika mengalami musibah jatuh di sungai atau pun di laut, orang yang sudah bisa berenang kemungkinan untuk bisa selamatnya jauh lebih besar daripada orang yang tak bisa berenang sama sekali.


Apa saja manfaat berenang bagi anak dan kita semua?

Berikut ini manfaat berenang bagi kesehatan manusia yang saya himpun dari berbagai sumber yang kredibel.

  • Menguatkan otot dan tulang
  • Bisa menjadikan jantung dan paru-paru lebih sehat.
  • Sekaligus latihan kardio yang sangat rileks dan menyenangkan.
  • Membakar lemak dalam tubuh -> Berat badan turun.
  • Bisa membuat tinggi tinggi badan tumbuh maksimal.
  • Sarana rekreasi -> Mengurangi stres dan depresi.
  • Mengurangi risiko diabetes hingga beberapa persen.

Baca juga : Hero Terkuat untuk Ranked Mode Mobile Legends

Untuk itu, menurut kami sangat penting mengajarkan serta mendidik anak tercinta agar bisa berenang sejak usia dini. Tujuannya hanya satu, yakni supaya dia terbiasa, dan juga tak takut berenang-renang di atas permukaan air.

Selain itu banyak manfaat luar biasa di atas, berenang juga merupakan salah satu olah raga yang sangat dianjurkan di dalam agama Islam, disamping berkuda dan memanah.

Tips mudah mendidik sejak bayi agar tidak takut berenang secara efektif

Bayi takut berenang? Berikut ini adalah cara mudah dan efektif mendidik bayi atau balita agar tidak takut lagi berenang yang bisa Anda praktikkan.

#1. Bayi berusia 6 minggu sudah bisa dikenalkan air

Menurut para ahli, bayi yang berusia sekitar 6 minggu sebetulnya sudah dapat dikenalkan dengan air dan juga diajak berenang. Akan tetapi ada banyak orangtua yang khawatir tentang hal ini, Mereka berpendapat, sistem pernapasan bayi masih belum stabil di usia ini.

Maka, titik tengah waktu terbaik untuk mendidik atau pun mengajarkan bayi berenang adalah pada saat bayi berusia 4 hingga 6 bulan. Di usia tersebut bayi Anda sudah dapat menggerakkan kaki serta tangannya dengan lincah.

Agar anak tak takut berenang, Anda perlu membiasakan mereka dengan air sedini mungkin.

#2. Melatih terlebih dulu di rumah

Sebelum akhirnya menyentuh kolam renang yang sebenarnya, sebaiknya kenalkan bayi dengan air di rumah terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan bak kamar mandi atau pun kolam plastik portable yang bisa dengan mudah Anda temui di baby shop ataupun toko online, kemudian bermainlah bersama bayi Anda di sana.

Buatlah kegiatan yang yang satu ini menjadi sesuatu yang menyenangkan, supaya bayi Anda tidak trauma. Anda juga dapat menggunakan pelampung pada bagian leher bayi, sehingga dia pun bisa mengapung di air dengan baik. Pelampung leher bayi dapat Anda dapatkan juga di baby shop terdekat dari rumah Anda.

Baca juga : Cara Efektif Mengajarkan Rasa Empati pada Anak

#3. Membatasi waktu renang dan memperhatikan suhu air

Untuk bayi yang masih terlalu kecil, jangan berenang terlalu lama. Tubuh bayi masih rentan sekali terhadap penyakit seperti demam dan flu.


10-15 menit adalah salah satu waktu yang paling aman untuk berenang untuk bayi. Selain hal tersebut, Anda juga harus perhatikan suhu air, jangan biarkan bayi Anda berenang pada air dengan suhu yang terlalu dingin atau panas, sebab bisa menjadikan bayi Anda kaget.

#4. Awasi bayi Anda

Saat di rumah atau di kolam renang, selalu awasi bayi Anda dengan baik ya bunda. Persiapan Anda juga harus prima, sebab Anda nantinya akan memegang tubuhnya serta terus berada di dekatnya.

#5. Berenang tidak saat jam ramai

Bisa jadi, alasan anak Anda takut berenang adalah karena banyak orang di kolam renang. Mungkin saja Anak anda malu atau takut dilihat oleh banyak orang lain.

Nah, solusi yang bisa Anda coba adalah dengan mengajaknya berenang saat jam-jam sepi atau berenang di kolam renang yang tak terlalu ramai pengunjung. Anak cenderung lebih tenang dan santai bila di kolam renang hanya ada Anda bersama si kecil.

Akhir kata,

Demikian cara melatih bayi agar tidak takut berenang yang bisa kami bagikan. Selain beberapa tips agar anak tidak takut berenang di atas, Anda harus selalu memberikan afirmasi positif kepada anak Anda. Katakan padanya bahwa berenang itu mudah dan menyehatkan. Katakan bahwa Anda yakin ia bisa berenang kalau mau terus mencoba.

Semoga bermanfaat.


Sekian.

Berikan rating konten :


Leave a Comment