Aplikasi Office Terbaik di Linux

4.95/5 (20)

Rekomendasi 8 Aplikasi Office Terbaik di Linux 2019 – Microsoft Office merupakan salah satu software yang sangat populer di kalangan profesional dan pelajar. Ada banyak fitur penting yang memudahkan seluruh tugas dan pekerjaan.

rekomendasi aplikasi office terbaik di linux
Img via : Pixabay.com

Namun, software ini memang ditujukan hanya sistem operasi tertentu. Dukungan layanan terbaik dengan fitur yang sangat mumpuni membuat software ini memiliki banderol yang cukup mahal.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan software atau aplikasi office lain yang bisa digunakan. Bahkan, software office itu juga bisa diterapkan untuk sistem operasi seperti Linux.

Hal ini tentu saja akan semakin memudahkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan secara gratis tanpa harus khawatir tentang pelanggaran hak cipta. Ada banyak pilihan dari aplikasi office terbaik linux yang bisa dicoba.


8 Aplikasi office terbaik linux yang bisa Anda coba gratis

Masing-masing dari aplikasi office yang memang ditujukan untk sistem operasi Linux memiliki keunggulan dan karakter yang berbeda. Maka, Anda juga bisa melakukan perbandingan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Semakin banyak fitur yang ditawarkan dari suatu aplikasi, tentu saja Anda akan mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Berikut ini adalah 8 aplikasi office terbaik linux dengan berbagai fitur dan layanan yang Anda butuhkan.

Apa saja?

#1 – FreeOffice

Aplikasi Office Terbaik di Linux 1
Img via : FossMint.com

Salah satu dari aplikasi office linux terbaik yang bisa Anda coba adalah FreeOffice. Aplikasi ini memang cukup populer di berbagai kalangan pengguna sistem operasi Linux. Tampilan antar muka yang hampir mirip dengan Microsoft Office menjadi alasan utama bagi beberapa pengguna. Apalagi ada banyak fitur yang juga ditawarkan untuk seluruh kegiatan profesional atau rumahan.

Keunggulan dari FreeOffice yang Anda dapatkan adalah dukungan integrasi fitur yang hampir mirip dengan Mifrosoft Office, PowerPoint hingga Excel. Bahkan, pilihan penyimpanan file dari aplikasi ini juga terdiri dari beberapa bagian seperti DOCX, PPTX, dan XLSX.

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, pengembang dari aplikasi ini juga menawarkan integrasi penggunaan format file dari versi yang lebih lama.

Kemudahan lain yang bisa Anda nikmati tentu saja dukungan fitur layar sentuh dari FreeOffice. Hal ini akan semakin memudahkan Anda saat menggunakan perangkat seperti laptop layar sentuh.

Download FreeOffice untuk Linux di sini : https://www.freeoffice.com/en/download

#2 – Calligra

Software Office Terbaik untuk Linux
Calligra : Software Office untuk Linux

Rekomendasi aplikasi office untuk sistem operasi Linux terbaik dari kami selanjutnya adalah Calligra. Software ini pertama kali dikenalkan pada Oktober tahun 2000 silam.

Awalnya, pengembang membuat aplikasi ini menjadi bagian dari KOffice. Beberapa pengguna menganggap bahwa software itu lebih cocok untuk menjalankan berbagai tugas desain grafis. Namun, seiring dengan perubahan pada pengembang maka diberikan tambahan fitur lain yang cenderung menjadi aplikasi Office.

Software ini memang tersedia secara gratis dan bisa diunduh langsung melalui situs resminya. Namun, Anda harus tahu bahwa terdapat tampilan pada Callibre cukup berbeda dibandingkan dengan Office Suite lainnya. Apalagi bila Anda telah terbiasa dengan Microsoft Office.

Baca juga : Distro Linux terbaik 2019


Tampilan tab fitur yang ditawarkan oleh Calligra terdapat pada bagian samping layar. Hal ini memang menjadi karakter khusus bila dibandingkan dengan tampilan antar muka lainnya.

Beberapa format file yang didukung melalui aplikasi ini adalah DOCX dan DOX. Selain dari format file itu tidak bisa diedit melalui aplikasi.

Download Calligra untuk Linux di sini : https://www.calligra.org/get-calligra/

#3 – Apache OpenOffice

Aplikasi Office Terbaik di Linux 2019
Apache OpenOffice

Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan Apache OpenOffice. Ya, kami memasukkan software ini sebagai salah satu aplikasi office terbaik di Linux. Ini adalah software yang cukup populer di beberapa kalangan pengguna Linux. Bahkan, software ini juga tersedia untuk sistem operasi lainnya.

Tampilan yang hampir mirip dengan Microsoft Office memberikan pengalaman yang sangat ideal bagi para pemula maupun profesional.

Format yang ditawarkan Apache OpenOffice adalah Open Document. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pengerjaan berbagai tugas dalam waktu yang lama secara berulang kali. Hal yang perlu diingat bahwa format penyimpanan file dari OpenOffice sangat berbeda.

Sehingga, Anda harus memilih format selain dari DOCX. Beberapa fitur utama dari software ini memiliki kemiripan dengan aplikasi office Linux lainnya.

Download Apache OpenOffice untuk Linux di sini: https://www.openoffice.org/download/


#4 – Google Docs

Aplikasi Office Terbaik di Linux 2
Img via : Dailysocial.id

Perusahaan teknologi raksasa seperti Google juga menawarkan layanan Office untuk sistem operasi Linux. Memang, aplikasi ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan beberapa fitur penting. Namun, Anda akan semakin dimudahkan dengan metode penyimpanan yang ditawarkan oleh Google.

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan tentu saja menyimpan seluruh format file secara online dengan sistem cloud.

Layanan gratis ini bisa Anda coba dengan sangat mudah. Perlu diingat bahwa integrasi sistem dengan berbagai layanan Google akan membuat aplikasi ini membutuhkan dukungan kapasitas RAM yang lumayan besar.

Di tengah jalan, Bisa saja Anda akan membutuhkan disk space yang lumayan dikarenakan ukuran file dari dokumen Google Docs menjadi lebih besar.

Sebenarnya, Anda tidak perlu menginstall software apapun untuk menggunakan Google Docs ini. Terus, bagaimana? 😀

Cara menggunakan Google Docs di Linux :

  • Akses google drive dengan masuk ke link ini : https://drive.google.com/drive/u/0/my-drive
  • Untuk membuat dokumen baru, klik tanda “+” di bagian kiri atas halaman drive. Pilih Google docs, sheet, ataupun slides yang ingin Anda buat.

#5 – Softmaker Office

download aplikasi office linux
Softmaker Office Linux

Aplikasi office terbaik linux lain yang bisa Anda coba adalah Softmaker Office. Aplikasi ini dianggap memiliki metode yang lebih profesional dalam menawarkan fitur dan layanan Office. Hal ini dikarenakan Softmaker Office telah dikembangkan selama lebih dari 20 tahun oleh Softmaker Software Gmbh.

Selain dukungan sistem operasi Linux, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk banyak sistem operasi lain.


Tampilan interface yang ditawarkan oleh Softmaker Office sangat ideal untuk kalangan profesional. Bahkan, beberapa fitur penting juga bisa diakses dengan sangat mudah. Namun, ada juga beberapa fitur lain yang membutuhkan biaya tambahan untuk digunakan bagi kalangan profesional.

Download Softmaker Office untuk Linux di sini : https://www.softmaker.com/en/softmaker-office-download

#6 – Only Office

Aplikasi Office Terbaik di Linux 3
Img via OnlyOffice.com

Anda juga bisa menggunakan Only Office sebagai pilihan lain dari aplikasi yang memiliki fungsi Office untuk Linux. Sebenarnya aplikasi ini juga menawarkan beberapa layanan penting dengan fitur yang hampir mirip dengan Microsoft Office.

Beberapa fitur itu seperti word, presentation dan spreadsheet. Tampilan antar muka yang dimiliki Only Office juga hampir mirip. Namun, ada beberapa fitur yang mungkin berbeda dibandingkan aplikasi lainnya.

Baca juga : Cara mengatasi Google Play sering error

Only Office menawarkan metode editing secara offline dan online. Beberapa pilihan file format yang bisa digunakan melalui aplikasi ini juga cukup banyak.

Anda bisa membuka dan menyimpan file dalam bentuk format seperti DOCX, PPTX, XLSX, DOC, ODT, RTF dan lainnya.

Download Only Office untuk Linux di sini : https://www.onlyoffice.com/download.aspx

#7 – WPS Office

office untuk linux terbaik
WPS Office untuk OS Linux

Interface dan fitur memang menjadi pertimbangan bagi banyak pengguna. Hal ini yang menjadi alasan WPS Office bisa digunakan untuk pengguna sistem operasi Linux. WPS Office dikembangkan KingSoft yang menawarkan banyak layanan penting dari Office Suite.

Anda bisa mendapatkan fitur word, spreadsheet hingga presentation. Inilah alasan mengapa kami memasukkan WPS Office ke satu dari aplikasi office terbaik di Linux pilihan kami.

Aplikasi ini memang tersedia secara gratis dengan berbagai dukungan metode file format yang ideal. Satu-satunya kekurangan WPS Office menurut kami adalah munculnya iklan yang bagi sebagian orang bisa dianggap cukup mengganggu.

Download WPS Office untuk Linux di sini : https://www.wps.com/id-ID/office/linux/

#8 – LibreOffice

Aplikasi Office Terbaik di Linux 4
Img via : LibreOffice.org

Ini adalah software office untuk Linux yang sangat populer. LibreOffice menawarkan seluruh kebutuhan fitur dan layanan bagi para pengguna seperti pada Microsoft Office. Bahkan, aplikasi ini juga didukung hingga 110 bahasa dari seluruh dunia.

Tampilan yang hampir mirip juga disandingkan dengan fitur yang sangat baik. Namun, kadang kala file format yang berasal dari Microsoft Office sulit untuk dibuka atau diedit melalui aplikasi ini.

Download LibreOffice untuk Linux di sini : https://www.libreoffice.org/download/download/

Sekian rekomendasi 8 aplikasi office terbaik di Linux dari kami yang bisa Anda coba.


Go Linux, Go open source!

Berikan rating konten :

Leave a Comment