Cara Efektif Agar Anak Suka Makan Sayur

5/5 (3)

Cara Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Sayur – Sayuran merupakan jenis makanan yang sangat banyak manfaatnya untuk anak Anda. Ia mengandung energi, vitamin, anti-oksidan, serat dan air. Ya, sayuran sungguh kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh anak Anda.

agar anak suka makan sayur
Sumber : Pexels.com

Hal yang sering menjadi tantangan sekaligus masalah adalah anak tidak suka makan sayur. Ia susaaah sekali untuk mau makan sayur. Jangan khawatir Bunda, hal ini dialami oleh banyak orang tua di dunia, kok.

Sekali lagi, sayuran sangat penting bagi si kecil. Di bawah ini adalah rekomendasi penyajian sayur kepada anak dari The Australian Dietary Guidelines.

Saran penyajian sayur untuk anak menurut The Australian Dietary Guidelines :

  • 1-2 tahun -> 2-3 porsi sayuran setiap hari
  • 2-3 tahun -> 2 ½ porsi sayuran setiap hari
  • 4-8 tahun -> 4 ½ porsi sayuran setiap hari.

Jika anak Anda masih susah makan sayur, saran kami Anda harus berusaha lebih keras untuk membuatnya bisa terbiasa makan sayur. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan membiasakan diri banyak makan sayur antara lain :


  • penyakit jantung
  • stroke
  • beberapa jenis kanker

Makan sayur sama pentingnya dengan makan buah dan bahan makanan pokok lain.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Materialistis

Pada kesempatan kali ini akan kami bagikan beberapa cara mengajarkan anak makan sayur yang terbukti sangat efektif. Apa saja?

Cara efektif mengajarkan anak makan sayur

#1. Belajarlah memasak, Bunda.

Sangat disarankan bagi para bunda untuk mengembangkan kemampuan memasak dan menggali lebih dalam lagi tentang resep masakan dari sayuran yang menyehatkan bagi anak-anak. Contohnya, Anda bisa membuat sayur bakar atau pun sayur goreng tepung dengan sedikit rasa pedas manis. Selain itu, Anda juga bisa membuat variasi masakan sayur, mulai dari sawi, kentang, brokoli, kacang panjang, dan lain-lain.

Bila anak masih belum mau ‘versi basah’ dari sayuran, Anda bisa memulainya dengan versi goreng-gorengan terlebih dahulu. Sawi goreng, brokoli goreng, dan bayam goreng bisa menjadi opsi yan gbagus untuk mulai mengenalkan olahan sayuran kepada anak Anda.

Tapi, masalahnya adalah bagaimana bila anak Anda menolak atau pun mengatakan bahwasannya mereka tak suka sama sekali makan sayur? Baca cara agar anak suka makan sayur ala vNoss no. 2 di bawah ini.

#2. Ajak si kecil saat memasak sayur

Dalam proses memasak atau pun pembuatan makanan sayur ini Anda bisa ajak si kecil sembari menerangkan secara perlahan tentang manfaat setiap sayuran. Rangkai sebuah cerita atau pun ilustrasi yang menari ya bund, sehingga anak Anda bisa membayangkan secara langsung.

Selain hal tersebut, Anda juga bisa adaptasi cerita atau pun  film yang anak Anda sukai, seperti halnya kisah Popeye Si Pelaut yang bisa tumbuh jadi kuat setelah makan bayam, atau pun George Si Monyet yang cerdas dan juga lincah sebab suka sekali makan sayur dan lain sebagainya.

Ingat, setiap anak kecil umumnya mempunyai karakter favorit dengan kemampuan yang unik serta luar biasa. Adaptasikan kisah superhero yang menjadi idola anak tersebut sebagai contoh untuk memberikan pemahaman atau pengertian pada anak supaya mau makan sayur serta makan makanan yang sehat lainnya bisa menjadikan anak Anda lebih termotivasi lagi.

#3. Beri apresiasi saat dia mau makan sayur

Cara membiasakan anak makan sayur selanjutnya adalah dengan memberikan apresiasi saat ia mau makan sayur. Beri apresiasi ya, bukan memberinya ‘hadiah’ karena ia mau makan sayur. Contoh yang tidak baik seperti,

Jika adik mau makan sayur bayam ini, nanti Mama belikan es krim.

Hal tersebut membuat anak mau makan sayur bukan karena terbiasa, tapi karena es krimnya. Maka, hal tersebut menurut kami bukanlah hal yang benar dan efektif.


Cukup berikan ia apresiasi saat ia makan sayur. Seperti,

Kak, mama senang sekali melihat kakak makan sayur kol yang mama masak tadi pagi.

#4. Cobalah berbagai macam olahan sayuran (makanan ringan, dll)

Tips agar anak makan sayur selanjutnya, dengan mencoba makanan olahan sayuran. Di luar sana banyak sekali olahan sayur yang bisa Anda coba berikan kepada si kecil. Olahan sayuran tersebut biasanya berupa makanan ringan.

Sebagai contoh ada keripik jamur, keripik bayam, pentol jamur, pentol sayur, mie sayur, dan sebagainya. Cobalah memberikan si kecil makanan olahan sayur tersebut.

Siapa tahau dari sana si kecil mulai bisa mencintai sayuran.

#5. Belikan buku ensiklopedia bergambar tentang sayuran atau makanan sehat

Apabila memungkinkan, Anda bisa mencoba membelikan buku atau pun ensiklopedia mengenai sayuran serta makanan sehat yang disertai dengan cerita, ilustrasi, atau pun gambar yang lucu. Ya, tentunya Anda memerlukan budget yang lumayan untuk hal ini, karena buku penuh gambar dengan cover tebal ala anak-anak tak bisa dikatakan murah.

Baca juga : Cara membuat anak gemar membaca

Demikianlah tadi tulisan tentang cara ngatasi anak suah makan sayur  secara efektif yang dapat kami bagikan .


Semoga bermanfaat.


Sekian.

Berikan rating konten :

Leave a Comment